5 Langkah Bertransaksi Aman di Online Shop

Ilustrasi kartu debit/kredit
Sumber :

VIVA – Sejak era e-commerce muncul, hampir semua orang tidak bisa melepaskan diri dari telepon genggam atau laptop. Akhir bulan, saat sudah gajian, trafik langsung lari ke e-commerce ternama. Padahal metode pembayaran salah satunya menggunakan kartu kredit, cicilan tanpa kartu kredit, sistem transfer bank, atau cash on delivery sekalipun.

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

Meski pembayaran melalui kartu kredit masih dianggap rentan, namun masih banyak orang yang mau tak mau harus menggunakannya. Tinggal bagaimana kita menjaga keamanan transaksi dan data yang disimpan di e-commerce tersebut. Bahkan e-commerce pun sudah bekerja sama dengan bank dan fintech untuk menyediakan fasilitas atau aplikasi cicilan belanja online.

Nah, agar aman bertransaksi di online shop, ada beberapa hal yang harus kamu tahu untuk menjaga keamanan data dan transaksi di dunia maya, khususnya saat bertransaksi dengan kartu kredit.

Rupiah Amblas ke Rp 16.200 per dolar AS, Gubernur BI Lakukan Intervensi

E-Commerce terpercaya
Ini merupakan hal utama yang paling penting di antara tips lainnya. Sangat penting untuk kita tidak tergiur promo belanja online, apalagi di e-commerce yang tidak jelas. Akseslah e-commerce yang sudah teruji keamanannya, khususnya yang berawalan https. Selain itu, perhatikan juga ejaan dari e-commerce yang dimaksud, jangan sampai typo dan berujung ke e-commerce plagiat yang berisi penipuan.

Jika perlu, kita mengakses e-commerce tersebut dari aplikasi resmi, yang sebelumnya bisa kita temui dan download dari PlayStore Google atau AppStore Apple.

Realisasi Penyaluran Bansos oleh Pos Indonesia Kuartal I-2024 Capai 60.562 KPM

Jangan menumpang akses di gadget orang lain
Tak ada kompromi bagi kejahatan online sehingga apapun bisa diakses, termasuk gadget yang kita gunakan. Oleh karena itu, upayakan menggunakan smartphone atau laptop pribadi kita saat mengakses dan bertransaksi online. Perangkat yang kita gunakan bersama-sama sangat rentan terhadap resiko pencurian data, alias tingkat keamanannya rendah.

Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan perangkat orang lain untuk bertransaksi, apalagi memasukkan data kartu kredit di perangkat mereka.

Simpan bukti pembayaran
Setiap habis bertransaksi, kita pasti melakukan pembayaran. Oleh karena itu usai melakukan pembayaran, jangan pernah mendiamkan begitu saja. Simpan bukti transaksi yang telah kamu lakukan. Jika perlu, dicetak. 

Bukti pembayaran ini akan menjadi ‘kekuatan’ anda saat ada masalah dengan pihak bank, e-commerce, dan penjual.

Log off
Menutup akses atau log-out akun dari aplikasi tersebut merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan penyalahgunaan data pribadi pada perangkat yang digunakan atau situs yang bersangkutan.

Notifikasi transaksi
Notifikasi transaksi sangat penting bagi kita untuk memantau proses transaksi. Apakah dana sudah sampai ke pihak terkait atau belum. Bahkan bisa mengetahui jika ada masalah terkait dengan transaksi, sehingga respons pelaporan ke pihak e-commerce bisa cepat dilakukan.

Selamat berbelanja!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya