Membaca Tren Podcast di Indonesia

Ilustrasi podcast
Sumber :

VIVA – Konten berformat audio atau podcast kabarnya bakal semakin naik daun di masa mendatang. Berdasarkan survei Daily Social pada 2018 terhadap 2023 pengguna ponsel pintar, sebanyak 68 persen responden mengatakan familiar terhadap podcast. 

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

Dari segi dorongan untuk mendengarkan podcast, 43 persen responden menyatakan tertarik. Angka ini cukup besar meski sebanyak 50,63 persen menyatakan belum yakin. Dan sisanya, 6,14 persen memilih tidak tertarik pada podcast. 

Yang cukup patut disoroti adalah usia pendengar podcast di Indonesia sebanyak 42,12 persen berusia 20-25 tahun, diikuti usia 26-29 tahun sebanyak 25,52 persen.

Desta Mengakui Kesepian Pasca Bercerai dengan Natasha Rizky

Bergeser pada jenis platform yang banyak digunakan untuk mendengarkan podcast, ada tiga yang tertinggi. Spotify unggul paling atas dengan angka 52,02 persen. Selanjutnya Soundcloud dengan perolehan angka 46,25 persen. Diikuti Google Podcast 41,25 persen. Sisanya, ada Pocket Cast, Apple Cast, Inspigo (satu-satunya podcast asal Indonesia) dan lainnya yang tampaknya belum begitu populer dengan persentase angka belasan. 

Tren podcast di Indonesia

Nikita Mirzani Semakin Yakin Tak Akui Lolly Sebagai Anaknya, Karena Hal ini
Sumber: Daily Social

Bicara soal tren podcast dalam skala yang lebih luas, Kepala Global Spotify, Courtney William Holt, menyatakan bahwa tahun 2019 adalah masa podcast bertumbuh. "Saya percaya 2019 adalah waktu untuk pertumbuhan dan hoki podcast, serta diversifikasi penonton," seperti dikutip dari Pacific Content, 7 Agustus 2019.

Sementara itu, Pendiri & Manajer Produk Google Podcast, Zack Reneau-Wedeen, mengatakan, "Sebanyak lebih dari dua miliar pengguna Android di seluruh dunia akan senang mendengarkan podcast, tapi belum yakin di mana menemukannya. Seiring dengan meningkatnya kesadaran dan akses ke podcasting, kami akan melihat pertumbuhan yang kuat di antara pengguna Android."

Meski saat ini konten berbasis audio visual YouTube masih menjadi raja sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, data terkait pertumbuhan podcast bisa jadi bahan pertimbangan bagi para konten kreator untuk berkarya di ranah suara. 

Di tengah tren dunia yang semangat untuk mengurangi screen time, menikmati konten suara bisa jadi alternatif bagi banyak pengguna. Di artikel selanjutnya, kita akan bahas mengenai bagaimana memulai membuat konten podcast, konten apa yang menarik, dan apa saja yang perlu disiapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya