Logo ABC

Australia 'Ngekor' Indonesia soal Pencurian Data Pribadi

HealthEngine dibawa ke pengadilan dengan tuduhan telah menjual data penggunanya.
HealthEngine dibawa ke pengadilan dengan tuduhan telah menjual data penggunanya.
Sumber :
  • abc

Penyalahgunaan data pribadi, yang sempat ramai dibicarakan di Indonesia, juga menjadi sorotan di Australia, setelah sebuah aplikasi kesehatan ketahuan membocorkan data penggunanya.

Aplikasi untuk membuat janji bertemu dokter, HealthEngine, yang menjadi terbesar di Australia terancam denda jutaan dolar setelah penyelidikan ABC yang mengungkapkan adanya praktik menyalurkan informasi kesehatan penggunanya ke sebuah firma hukum.

Komisi konsumen dan persaingan di Australia (ACCC) telah mengambil tindakan hukum kepada perusahaan yang berbasis di Perth tersebut, membawanya ke Pengadilan Federal dengan tuduhan HealthEngine telah melakukan penyesatan dan penipuan.

Juni 2018, ABC mengungkap aplikasi HealthEngine telah meneruskan informasi kesehatan paling sensitif penggunanya kepada perusahaan hukum yang sedang mencari klien untuk mengklaim cedera.

Rincian dari kesepakatan itu tercantum dalam sebuah dokumen internal yang menemukan perusahaan itu mengirimkan daftar berisi calon-calon klien yang bisa dihubungi pada proyek pertama di tahun 2017.

Salah satu pengguna yang merasa telah mendapat promosi yang menganggu lewat email.

Foto: Apple App Store