Logo WARTAEKONOMI

Lady Gaga, Ariana Grande, dan The Beatles Dibeli Tencent Rp476 Triliun

Tencent Membeli Lady Gaga, Ariana Grande dan The Beatles. (FOTO: Reuters/Andrew Kelly).
Tencent Membeli Lady Gaga, Ariana Grande dan The Beatles. (FOTO: Reuters/Andrew Kelly).
Sumber :
  • wartaekonomi

Perusahaan raksasa internet asal China, Tencent, sedang dalam diskusi untuk membeli hingga 20 persen saham Universal Music Group dari Vivendi SA.

Tujuan utamanya adalah mendapatkan hak komersial dari label musik Lady Gaga, Ariana Grande dan The Beatles dengan harga sekitar 30 miliar euro (US$34 miliar/Rp476 triliun).

Pesaing Alibaba itu sangat yakin nama-nama tenar tersebut akan memperluas pasar musik globalnya. Sementara pada tahap awal, diskusi tersebut menyoroti peran Tencent sebagai penguasa  pasar musik China.

Di sisi lain, diskusi ini juga menyoroti ambisi Universal pada pasar yang baru serta merangkul pasar streaming online.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, perusahaan analisis media yang berbasis di Inggris, Midea, memprediksi penjualan ritel streaming musik global diperkirakan akan berlipat ganda menjadi US$45,3 miliar pada 2026, dari sebelumnya US$19,6 miliar pada 2018.

Grup media Prancis, Vivendi, yang dikendalikan oleh miliarder Vincent Bollore mengatakan bahwa Tencent pertama-tama akan membeli 10 persen saham dari Universal, yang merupakan label musik terbesar di dunia, lebih unggul dari Sony Music Entertainment dan Warner Music, serta rumah bagi para seniman juga termasuk Taylor Swift, Drake dan Kendrick Lamar.

Tencent, yang sudah memegang saham di layanan streaming musik paling populer di dunia, Spotify Swedia, Gaana India, Tencent Music Entertainment Group (TME.N) dan memiliki aplikasi streaming Asia Joox, juga akan memiliki opsi untuk membeli 10 persen saham lebih lanjut dari Universal.