Siapa yang Pantas Awasi YouTube dan Netflix? Menkominfo Bilang Begini

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI berencana untuk mengawasi konten di YouTube, Netflix dan sejenisnya. Respons yang menentang rencana ini, cukup orang tua saja yang mengendalikan pengguna anak-anak tak perlu sampai KPI turun tangan.  

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, semua pihak harus berperan untuk memerangi konten negatif, bukan hanya tanggung jawab satu pihak tertentu saja. 

"Di sekolah ya (tugasnya) guru-guru, tapi tidak bisa itu saja. Karena waktu di rumah pun barangkali orang tuanya bisa saja tidak sempat. Jadi semua harus berperan, termasuk pemerintah," kata Rudiantara, di Jakarta, Senin 12 Agustus 2019. 

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Pengawasan orang tua sebenarnya sudah dimasukkan sejumlah platform dalam fitur mereka. Salah satunya Netflix yang memiliki parental controls. Soal fitur pengendali ini, Rudiantara menyatakan harus mengecek lagi. 

Menyangkut rencana KPI mengawasi YouTube sampai Netflix, dia menekankan harus ada aturan jelas saat penerapannya. 

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

"Jangan langsung berkesimpulan akan begini begitu. Ini harus dibicarakan. Kalau itu diterapkan, harus pasti dan jelas aturan hukumnya," ujarnya. Menurutmu siapa yang pantas awasi YouTube sampai Netflix?

Untuk bisa mengawasi YouTube sampai Netflix, KPI memerlukan landasan hukum. Saat ini lembaga penyiaran itu sedang mengupayakan revisi UU Penyiaran yang sudah ada di parlemen. Selain itu, KPI juga sedang menyiapkan dan menggodok revisi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024