Sedotan Stainless Tak Bisa Dibilang Ramah Lingkungan

Sedotan Stainless Steel
Sumber :
  • refinery29.com

VIVA – Saat ini sebagian restoran cepat saji di Jakarta banyak yang tak lagi menyediakan sedotan plastik untuk pengunjung. Hal ini dilakukan demi mengurangi sampah plastik yang sulit didaur ulang. 

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Kemudian, sedotan stainless menjadi populer. Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah sedotan dari logam ini bisa dikatakan ide brilian untuk membantu menjaga lingkungan?

Dilansir dari laman Asia One, Jumat, 16 Agustus 2019, sedotan stainless nyatanya tidak bisa disebut 100 persen ramah lingkungan seperti yang dipikirkan banyak orang. Disebutkan, dari proses pembuatan sampai pengiriman, sedotan ini meninggalkan limbah.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Jika kamu menggunakannya, sama saja ikut berkontribusi 2,8 miliar pound limbah beracun dari logam, 20 persen sampah laut dari pengiriman internasional dan 2 juta ton limbah dari kemasan.

Meski begitu, setiap produk buatan memang sulit untuk benar-benar terlepas dari tidak menghasilkan sampah sama sekali. Sebagian besar meninggalkan jejak karbon bagi ekosistem.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Gerakan ramah lingkungan yang sekarang terjadi juga mulai bergeser ke arah kantong belanja, yang tentu saja belum tentu ramah lingkungan. Tapi klaim ini jangan sampai membuat kalian kembali menggunakan barang-barang sekali pakai.

Soal menjaga lingkungan, tak dapat hanya menyalahkan suatu produk, tapi bagaimana perilaku manusia menggunakannya. Dengan kaya kata lain, perilaku kita di masa depan yang harus kita perhitungkan, bukan seberapa banyak produk ramah lingkungan yang kita miliki. (ann)

Vidi Aldiano dan Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Shopee berusaha untuk memberikan solusi untuk memudahkan belanja online dengan meluncurkan inovasi dan program terbaru melalui Garansi Tepat Waktu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024