Hai Milenial, Mau Merdeka Finansial? Lakukan 5 Cara Ini

Ilustrasi milenial diskusi soal investasi.
Sumber :
  • potentia.co.nz

VIVA – Setelah 74 tahun merdeka, bagaimana kesejahteraan penduduk Indonesia? sebagian penduduk merasa kehidupan mereka lebih baik dibanding sebelumnya, namun sebagian lainnya masih berjuang meningkatkan taraf kehidupannya.

Milenial dan Gen Z Diajak Menerapkan Gaya Hidup Ini

Nah bicara soal kesejahteraan hidup nih, akan semakin bermakna kalau setiap orang mencapai kemerdekaan finansial. Tiap orang lazimnya mau dong mencapai titik kemerdekaan finansial, apalagi kalau kamu milenial. Ada banyak cara untuk mencapai kemerdekaan finansial pada era perkembangan teknologi seperti menjadi influencer media sosial.  

Beberapa cara ini mungkin bisa kamu terapkan agar membawa dampak positif di masa depan: 

Ada Kabar Baik Buat Milenial dan Gen Z yang Doyan Belanja dan Peduli Penampilan

1. Bikin rencana keuangan

Sebelum mengeluarkan untuk ini dan itu, sebaiknya pahami tentang keuanganmu dengan baik. Buatlah rencana keuangan dengan teliti. Kamu bisa mulai dengan daftar rencana jangka pendek dan jangka panjang. 

Survei Ungkap Ketahanan Finansial Milenial Indonesia Tertinggi Se Asia, Ada Tapinya

Artis muda yang juga mantan VJ, Cathy Sharon, membenarkan soal pentingnya perencanaan keuangan ini. “Rencana keuangan sangat penting, bukan hanya untuk generasi milenial. Dalam hal apa pun itu kalau sudah dalam hal keuangan harus direncanakan sebaik mungkin. Supaya nanti tidak kaget, dan tidak terjadi masalah ke depannya.” 

2. Keinginan vs kebutuhan

Pernahkah kamu keliru membedakan mana keinginan dan kebutuhan. Jika tak bisa memilahnya, maka kamu akan terjebak pada masalah keuangan. Pada akhirnya kamu akan menyesal karena telah salah menggunakan untuk yang tidak dibutuhkan. 

Kadang kamu tidak menyadari keinginan datang dari hal-hal yang terkesan menarik atau kemudahan yang ditawarkan, sehingga menimbulkan hasrat untuk berbelanja. Sebagai contoh, belanja karena diskon atau kemudahan cicilan.

3. Influencer media sosial

Salah satu hal yang perlu dipikirkan untuk mencapai kemerdekaan finansial adalah dengan menambah pendapatan. 

Lalu, bagaimana cara mencapainya alias cara menambah pendapatan? Sebagai milenial yang hidup di era teknologi informasi yang berlimpah, banyak sekali peluang untuk menambah pendapatan. Kamu bisa mulai rencana membuka usaha, menjadi agen asuransi, atau menjadi influencer di media sosial. Sekarang sudah mulai ngetren kan.  

Menurut Cathy, anak muda zaman sekarang punya kelebihan dan peluang yang lebih besar untuk menambah pendapatan dibandingkan generasi sebelumnya. 

Of course teknologi juga sangat membantu, pada akhirnya kembali lagi kepada sebagaimana kerja kerasnya orang itu untuk mendapatkan uang tambahan, karena untuk mendapatkan uang kita lebih banyak untuk menyisakan waktu untuk melakukan aktivitas pekerjaan, apa pun itu ya, kalau misalkan kita mau jualan online, atau pun kita mau buat konten, itu semua pada akhirnya kan kerja keras jadi investasi waktu kita,” ujar Cathy.

4. Siapkan proteksi

Satu hal yang tidak kalah penting untuk mencapai kemerdekaan finansial bagi milenial adalah mempersiapkan perlindungan atau proteksi. Sebab, ada hal-hal tidak terduga yang bisa menghabiskan semua tabungan dan mengganggu rencana yang sudah disusun. Proteksi paling lazim adalah memiliki asuransi untuk kesehatan, jiwa, kendaraan, hingga bencana. 

Asuransi membantu mengelola risiko jika terjadi hal tidak terduga. Misalnya, ada musibah yang menimba pencari nafkah utama sebelum rencana finansial tercapai. Dalam kondisi itu, diperlukan perlindungan untuk menjaga keberlangsungan rencana. "Setiap kepala keluarga atau pencari nafkah utama di keluarga wajib memiliki asuransi jiwa," ungkap Chief Marketing Officer Allianz Indonesia, Karin Zulkarnaen dalam keterangannya Jumat 16 Agustus 2019. 

Menurut Karin, banyak sekali cerita tentang keluarga yang mendadak harus berubah keadaannya karena pencari nafkah utama mengalami musibah dan tidak ada proteksi. Maka, penting sedia payung sebelum hujan.

Asuransi kesehatan diperlukan karena biaya kesehatan bisa sangat besar dan mengganggu keuangan suatu keluarga. Kondisi itu bisa diantisipasi dengan asuransi kesehatan. "Punya asuransi kesehatan bukan berarti berharap sakit. Ini hanya antisipasi jika keadaan memburuk," ujar Karin. 

5. Harus dihindari Milenial 

Karena membahas soal keuangan, maka selalu ingat Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu yang harus dipertimbangkan sebelum memilih penyedia asuransi adalah memastikan penyedia produk telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penyedia asuransi yang tidak terdaftar di OJK jelas harus dihindari para milenial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya