Mau Tahu Siapa Curi WiFi Kamu? Nih Caranya Gampang Kok

Ilustrasi jaringan Wifi.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Kamu pernah mengalami pencurian WiFi enggak? Kalau kejadian seperti ini itu kan enggak asyik banget, sebab bikin bandwidth jadi berkurang, streaming jadi korban kan. Nah, kasus yang lebih ekstremnya lagi, pencuri akses WiFi kita bisa mencuri informasi atau menginstal virus di perangkat.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Dikutip dari situs Electronics How Stuff Works, Jumat 16 Agustus 2019, sebenarnya ada cara lho untuk mengatasi itu. Langkah pertama kamu harus menjaga pengaturan WiFi tetap bagus dan aman. Untuk mendeteksi apakah WiFi dibobol, kamu terlebih dulu pahami dulu tentang jaringan nirkabel.

Jaringan nirkabel

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Buat kamu perlu tahu nih, jaringan nirkabel terdiri dari koneksi internet broadband dari DSL, kabel dan modem satelit. Modem dipasang ke router nirkabel dan kemudian memberikan sinyal dan menghasilkan jaringan. Setiap perangkat pasti memiliki MAC dan IP, yang bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi pencuri data tuh.

Cek WiFi router

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Tapi perlu diingat, jika jaringan WiFi berjalan lambat, ada banyak kemungkinan, bukan hanya karena ada pengguna tanpa izin. Maka sebaiknya kamu cek tuh ke intinya. Sebagian besar router WiFi bisa diakses melalui alamat http://192.168.1.1 di browser web.

Untuk login-nya juga terbilang mudah, masukan username dan password (bisa ditemukan di bagian belakang perangkat). Setelah berhasil masuk, kamu akan dibawa ke manajemen WiFi. Di sana kamu bisa mengubah semua jenis pengaturan, termasuk keamanan nirkabel.

Aktifkan WPA2

Jika keamanan WPA2 sudah diaktifkan, dipastikan tidak akan ada lagi orang yang tidak dikenal membonceng WiFi. Nah untuk menemukan penghuni ilegal, caranya dengan melihat daftar perangkat yang terhubung.

Deteksi siap yang nebeng

Biasanya banyak pemilik laptop yang memberi nama perangkatnya dengan nama yang unik, misalnya 'Laptop John'. Jika di pengaturan ada nama itu dan kamu tidak memilikinya, tandanya ada yang mencuri kode WiFi. Kamu juga bisa tahu berapa banyak orang yang selama ini nebeng.

Sembunyikan SSID

Untuk mengatasinya, kamu bisa menyembunyikan SSID atau nama WiFi, sehingga tidak ada satu pun orang yang bisa melihatnya. Untuk bisa terkoneksi, kamu harus menghubungkannya secara manual. Bisa juga dengan cara mengaktifkan filter MAC, sehingga hanya perangkat yang diizinkan yang dapat menggunakan WiFi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya