Smartfren Uji Coba 5G, Kecepatan Tembus 8,7 Gbps

Smartfren uji coba jaringan 5G
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Hai kabar gembira nih buat kamu pelanggan setia Smartfren. Operator seluler tersebut resmi menguji coba penerapan 5G bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta ZTE.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Smartfren pamer jaringan 5G mereka pada perangkat virtual reality atau VR dan robotik. Uji coba penerapan ini dilakukan menggunakan frekuensi 28 Ghz. Saat diuji peak throughput mencapai 8,7 Gbps. 

"Ini titik penting bagi kita semua. Beberapa negara sudah komersial, beberapa negara masih trial," ujar Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys di PT Smart Tbk. Refinery, Kawasan Marunda, Jakarta, Senin 19 Agustus 2019. 

Anggota DPR Ungkap Banyak Pengusaha Mengeluh soal Aturan Impor Produk Elektronik

Dia menjelaskan aplikasi membutuhkan bandwidth masif sedangkan jaringan 5G menjanjikan akan memberikan bandwidth yang tinggi dan latensi cepat. Rencananya uji coba akan dilakukan enam bulan hingga satu tahun. 

Penerapan dilakukan pada wilayah yang menggunakan robotik dan manusia dilarang masuk. Salah satunya dilakukan dalam memonitor proses penyimpanan barang.

3 Hal yang Perlu Diketahui dari Realme 12 5G

Selain itu penerapan dengan perangkat VR, pengguna bisa melihat secara langsung melalui kamera yang beranda dalam ruangan. Ada pula pengoperasi drone untuk mengevaluasi secara mendetail jika terdapat masalah saat proses.

Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail mengatakan, tujuan 5G adalah untuk membangun ekosistem bukan hanya konektivitas saja. 

Soal aturan mengenai 5G, Ismail menanyakan kebutuhan aturan tersebut. Jika tidak diperlukan lebih baik tak perlu diatur. "Aturannya buat apa? Kan aturan dibuat kalau perlu. Kalau enggak usah ada aturan ya enggak usah," ujarnya. Nah Smartfren sedang uji coba 5G, apa harapanmu guys?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya