XL Axiata Uji Coba 5G Ketiga Kalinya, Hasilnya Begini

Uji coba jaringan 5G XL Axiata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – XL Axiata kembali menggelar uji coba untuk jaringan 5G ketiga kalinya pada Rabu 21 Agustus 2019. Aplikasi yang digunakan dalam uji coba ini adalah hologram dan cloud gaming. Penggunaan hologram ini dilakukan langsung oleh Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie Dianty Yosetya. Bagaimana hasil uji coba jaringan 5G kali ini?

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

"Hari ini saya menyambut semua untuk melihat secara langsung jaringan 5G," kata Yessie dalam media hologram, di kantor XL Axiata, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2019.

Selain hologram, dalam uji coba tersebut XL Axiata memamerkan cloud game. Yessie mengatakan dengan begitu bisa melihat penggunaan jaringan 5G dengan latensi yang sangat lebar. Uji coba ini menggunakan frekuensi 28 Ghz dengan lebar pita 100 Mhz.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Dia mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, XL Axiata sudah melakukan fiberisasi secara masif. Untuk sampai saat ini mencapai 30 persen sedangkan akhir tahun ini berkeinginan mencapai 50 persen, dan sisanya pada 2020. 

XL Axiata sudah menguji coba jaringan 5G sejak 2017. Terakhir, uji coba dilakukan untuk mendukung penerapan Smart City DKI Jakarta pada 2018.

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

"Tahun kemarin kita melakukan uji coba 5G, itu kita sebut versi 1 karena masih fokus pada speed. Tapi kali ini kita melakukan uji coba yang berfokus latensi," kata dia. (kwo)

Ilustrasi uang tunai/gaji/pesangon.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Akhir bulan menjadi momentum anak muda untuk beralih ke HP (smartphone/ponsel pintar) baru, karena merupakan waktunya gajian. Hal ini tentu tidak disia-siakan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024