5 Hewan Mematikan di Hutan Amazon, Bukan Cuma Piranha

hutan amazon
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hutan hujan Amazon saat ini tengah mengalami kebakaran hebat. Padahal di dalamnya ada tiga juta spesies flora dan fauna. Kebakaran yang terjadi saat ini dikatakan lebih besar dibanding 15 tahun lalu. 

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Entah bagaimana nasib makhluk hidup di sana. Bicara makhluk hidup, hutan Amazon yang berlokasi Amerika Selatan ini juga menjadi rumah bagi sejumlah hewan mematikan. Diolah dari berbagai sumber, VIVA menemukan lima hewan di Amazon yang sangat mengerikan. 

Anaconda
Anaconda dikenal sebagai ular terbesar, terberat, dan paling kuat di dunia. Ular ini bisa tumbuh panjang hingga 9 meter dan berat hingga 250 kg. Sepanjang hidup mereka akan terus tumbuh dan memakan mangsa hingga 18 kg setiap harinya, tapi ini hitungannya masih seperti cemilan bagi anaconda. 

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Jika anaconda makan dalam porsi besar dan masih berbentuk utuh, maka ia akan kenyang selama berminggu-minggu. Biasanya jenis betina akan lebih besar posturnya dan bisa melahirkan 20-40 anaconda kecil dengan panjang dua kaki. 

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Nyamuk Amazon
Nyamuk di hutan Amazon disebut sebagai hewan yang paling berbahaya. Lingkungan di sana sangat mendukung tumbuh kembang nyamuk. Di lingkungan tropis dan lembap, mereka hidup dengan sangat ideal. Nyamuk Amazon bisa menyebabkan malaria dan demam berdarah. Turis bahkan disarankan melakukan vaksin jika hendak ke sana. 

Jaguar
Jaguar menjadi spesies kucing terbesar ketiga, setelah harimau dan singa. Hewan karnivora ini memiliki kemampuan untuk membunuh. Bahkan mereka bisa makan setidaknya 87 spesies, dan manusia bisa jadi salah satunya. 

Hewan ini memiliki teknik membunuh yang jitu, yakni membuat lemas dengan menggigit tenggorokan mangsa. Cara lainnya, jaguar akan menggigit tulang tengkorak dan menusuk otak. Saat ini hutan Amazon semakin terkikis, sehingga ada peluang manusia bertemu jaguar. 

Black caiman
Caiman adalah sejenis reptil yang penampakannya seperti buaya. Black caiman hidup di danau, sungai yang memiliki arus tenang dan padang rumput sabana. Predator ini memakan berbagai jenis burung, reptil, ikan dan mamalia. Tapi manusia juga bisa jadi sasarannya loh. 

Piranha

Ikan piranha.
Piranha hidup di air tawar dan terkenal memiliki rahang yang kuat dan gigi yang tajam. Gigitan piranha jadi yang terkuat di antara ikan bertulang lainnya, sedangkan piranha hitam memiliki gigitan terkuat di antara vertebrata. Gigitannya dapat dengan mudah merobek daging, termasuk daging manusia. 

Pada 2015 pernah ditemukan tubuh seorang gadis yang sebagian sudah dimakan oleh piranha dan ditemukan di Sungai Maicuru di Brazil. Saat itu ia naik perahu bersama nenek dan empat orang lainnya, tapi kemudian terbalik karena badai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya