Kendala 5G di Indonesia, Ternyata Ini

Teknologi 5G.
Sumber :
  • cbc.ca

VIVA – Walaupun sejumlah operator sudah mulai melakukan uji coba, penerapan jaringan 5G masih terkendala. Yaitu soal frekuensi yang digunakan nantinya.

Kunjungi Wisata Mangrove di Jambi, Menteri Sandiaga Uno: Pertahankan Ekosistem

Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong mengatakan, 5G tidak lepas dari ekosistem. Di dalamnya terdapat teknologi dan juga perangkat.

"Device-nya sudah ada, akan tetapi frekuensinya juga belum ditentukan," ujar Shannedy di Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019.

Membangun IKN jadi 'Smart City'

Sejumlah kandidat frekuensi yang bisa digunakan untuk 5G adalah di antaranya 3,5; 26, dan 28 GHz. Namun kembali lagi permasalahannya sejumlah frekuensi tersebut sudah berpenghuni.

Sedangkan pemerintah masih ingin menunggu standarisasi frekuensi World Radio Communication (WRC). Konferensi tersebut akan dilakukan pada akhir Oktober.

Brigjen Mukti Blak-blakan Gembong Narkoba Fredy Pratama Punya Jaringan Baru, Dipimpin Cewek

Shannedy mengatakan, 5G bisa digunakan untuk penerapan smart city. Namun pilihan aplikasi itu dikembalikan lagi pada penggunaan oleh operator.

"Masing-masing operator strategi. Kalau consumer apa dulu kalau mau ke industri apa use case-nya dan bisnis modelnya," kata dia.

Jalan Margonda Raya, Depok

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Pengguna bisa mengakses Wifi gratis di Depok ini tanpa menggunakan password dan paket data.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024