Kendala 5G di Indonesia, Ternyata Ini

Teknologi 5G.
Sumber :
  • cbc.ca

VIVA – Walaupun sejumlah operator sudah mulai melakukan uji coba, penerapan jaringan 5G masih terkendala. Yaitu soal frekuensi yang digunakan nantinya.

Ribuan Personel Tim Serpo Siaga Demi Kelancaran Akses Jaringan Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong mengatakan, 5G tidak lepas dari ekosistem. Di dalamnya terdapat teknologi dan juga perangkat.

"Device-nya sudah ada, akan tetapi frekuensinya juga belum ditentukan," ujar Shannedy di Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019.

Kemendagri Minta Pemda Pisahkan Regulator dan Operator Pengelola Sampah

Sejumlah kandidat frekuensi yang bisa digunakan untuk 5G adalah di antaranya 3,5; 26, dan 28 GHz. Namun kembali lagi permasalahannya sejumlah frekuensi tersebut sudah berpenghuni.

Sedangkan pemerintah masih ingin menunggu standarisasi frekuensi World Radio Communication (WRC). Konferensi tersebut akan dilakukan pada akhir Oktober.

UMKM di Indonesia Dapat Donasi Lebih dari Rp1,5 Miliar

Shannedy mengatakan, 5G bisa digunakan untuk penerapan smart city. Namun pilihan aplikasi itu dikembalikan lagi pada penggunaan oleh operator.

"Masing-masing operator strategi. Kalau consumer apa dulu kalau mau ke industri apa use case-nya dan bisnis modelnya," kata dia.

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Leb

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Lebaran

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo melakukan pengecekan kondisi jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan di Pedan di Klaten, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024