Kondisi Kapal Titanic Makin Miris, Bagaimana Nasib Mayat di Laut

Kondisi terkini kapal Titanic
Sumber :
  • Irishpost

VIVA – Kisah kapal Titanic ternyata masih sangat menarik minat masyarakat. Terlebih baru saja ada sekelompok ekspedisi melakukan pengamatan di dasar Samudra Atlantik Utara, mengatakan kalau kondisi kapal semakin mengenaskan.

Bahaya Perangkat Elektronik Terhadap Siklus Tidur Manusia

Kapal mewah itu pernah diprediksi akan benar-benar menghilang pada 2030 atau tidak lama dari itu. Kapal itu ada di kedalaman 3.810 meter di pantai Newfoundland di Kanada.

Lalu bagaimana nasib manusia yang terkubur bersama Titanic? Menurut situs Scientific American, Sabtu, 24 Agustus 2019, manusia yang mati di laut dengan suhu di bawah 21 derajat Celcius, selama tiga minggu jaringan tubuhnya akan berubah menjadi asam lemak dan akan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Khazanah: Penjelasan Al Qur'an dan Fakta Ilmiah tentang Pembentukan Janin

Kemudian kulitnya akan melepuh dan berubah menjadi hitam kehijauan. Tubuh manusia pada bagian tulang lunak, seperti bibir dan mata akan dimakan kepiting atau hewan kecil, menurut buku Forensic Taphonomy: The Postmortem Fate of Human Remain yang ditulis oleh William D. Haglund dan Marcella H. Sorg.

Pernah juga dilakukan studi pada tahun 2002, jurnal Legal Medicine, memeriksa sembilan mayat yang telah mengapung ratusan kilometer di perairan dingin di pantai Portugal dan Spanyol. Mayat pada minggu pertama masih dalam kondisi baik, tapi tanda-tanda kebusukan terjadi pada hari kedelapan.

Terungkap Alasan Denny Sumargo Belum Pilih Mualaf Meski Rajin Baca Al Quran

Ada juga mayat yang hanya bisa diidentifikasi melalui analisis DNA atau catatan gigi setelah 20 hari. Kemudian pada kondisi air yang lebih hangat juga pernah dilakukan studi pada 2008, ditemukan dua tubuh manusia yang mengalami kecelakaan pesawat.

Satu mayat yang sebagian sudah jadi kerangka ditemukan di Sisilia setelah 34 hari, satu lagi ditemukan di Namibia setelah tiga bulan dan sudah sepenuhnya menjadi kerangka. Faktor utamanya adalah hiu. Hewan itu jadi predator di perairan hangat, dapat dengan cepat menghancurkan mayat.

Mayat di Jalan-jalan Haiti (Doc: AP Photo)

Pemukiman Elite Haiti Diacak-acak Gangster, Mayat Bergelimpangan di Jalan

Kelompok Gangster menyerang dua pemukiman kelas atas di ibu kota Haiti, pada Senin pagi, 18 Maret 2024. Aksi ini menyebabkan puluhan orang tewas di daerah

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024