Gagal Ngintip Komet 168P? Nih Foto-foto Penampakannya

Penampakan komet 168P/Hergenrother
Sumber :
  • Instagram/@gsgreen1978

VIVA – Selasa pekan lalu, komet 168P/Hergenrother telah melintasi Bumi. Kamu terlewat informasinya enggak? Sayang lho, sebab benda langit tersebut saat melintasi dekat Bumi sedang berada pada bagian terang-terangnya saat itu. 

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Nah bagi kamu yang penasaran nih, seorang pengamat mengaku telah memotret penampakan komet tersebut. Dalam prosesnya, pengamat dengan nama akun di Instagram @gsgreen1978 mengaku dia tak menyadari telah menangkap momen komet tersebut. 

Pengamat tersebut mengatakan, saat memotret langit dia mengabadikan sebuah bintang terang pada malam tersebut, namun setelah dicek ternyata bintang terang yang dimaksud itu ternyata adalah komet 168P.

Kenaikan Cukai Rokok Terlalu Tinggi, Pengamat Nilai Penerimaan Negara Jadi Tak Optimal

"Saya tak sengaja mengira itu (komet 168P) sebagai bintang terang, sampai saya periksa ulang foto saya yang ternyata ada di sisi kanan atas foto saya," jelas pengamat tersebut.

Dilansir laman Mirror, Senin 26 Agustus 2019, pada pekan lalu Wakil Direktur Royal Astronomical Society Robert Massey mengatakan peluang melihat komet sangat rendah.  

Arsenal Rebut Target Utama, Siap Dominasi Lini Tengah

"Masalahnya tidak ada yang benar melihat komet tahun ini dan dalam apa pun itu akan sangat lemah," ujar Massey. 

Laman In-The-Sky.org pekan lalu mengungkapkan komet terlihat pada Rabu 21 Agustus 2019 pukul 03:16 pagi Waktu Indonesia Barat. Komet ini mencapai ketinggian 53 derajat di langit bagian timur sebelum menghilang pada pukul 10:25 WIB. 

Komet 168P/Hergenrother pertama kali ditemukan pada 1998. Badan Antariksa Amerika Serikat menjelaskan komet merupakan bola salju kosmik dari gas beku, batu dan debu yang mengorbit pada Matahari. Saat beku, komet berukuran seperti kota kecil. 

Namun orbit mendekati Matahari, komet memanas dan memuntahkan debu serta gas sehingga kepala komet bercahaya yang ukurannya lebih besar dari kebanyakan planet. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya