Pelihara Anjing Bagus untuk Kesehatan Jantung Lho

Anjing peliharaan.
Sumber :
  • AFP/Timothy A Clary

VIVA – Tim peneliti menemukan orang-orang yang memiliki anjing sebagai hewan peliharaan cenderung memiliki jantung yang sehat lho. Tak percaya? Sebuah studi di Eropa sedang dan terus menguji hubungan antara hewan peliharaan anjing dengan risiko kesehatan jantung.

Bayi Perempuan Penuh Luka Diduga Gigitan Anjing Ditemukan di Pinggir Jalan Jeneponto

Dilansir dari laman Mirror, Senin 26 Agustus 2019, pengujian relasi memelihara anjing dengan pada kesehatan jantung ini masih berlangsung, tim ilmuwan mengumpulkan informasi kesehatan dan sosial ekonomi terhadap 2.000 orang di Republik Ceko. Pertama kali tim ilmuwan memulai mengumpulkan data pada Januari 2013-Desember 2014. Evaluasi dijadwalkan setiap lima tahun hingga 2030.

Hasil penelitian pertama yang dirilis di Mayo Clinic Proceeding menunjukkan, secara umum peneliti menemukan, orang yang memelihara hewan peliharaan akan lebih beraktivitas secara fisik, dietnya lebih bagus dan tingkat gula darah yang lebih aman, serta tingkat merokok yang rendah. 

Viral Kurir Dikejar Anjing saat Hendak Antarkan Paket, Netizen: Bukan Takut Tapi Najis

Nah dalam evaluasi 2019, studi ini melibatkan 1.769 responden yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung, hampir 42 persen memiliki hewan peliharaan dengan rincian sekitar 24,3 persen memelihara anjing dan 17,9 persen adalah hewan lainnya.

Peneliti mengevaluasi kesehatan responden berdasarkan massa tubuh, diet, aktivitas fisik, status merokok, tekanan darah dan kolesterol. Kemudian dibandingkan dengan skor kesehatan dengan responden yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Saat Jenifer hingga Dino Endus Peredaran Narkoba di Pelabuhan Bakauheni

"Manfaat terbesar bisa didapatkan dari mereka yang memelihara hewan peliharaan, terutama bagi mereka yang memiliki anjing, terlepas dari usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan," kata salah seorang peneliti, Andrea Maugeri.

Baca juga nih: Mesra Lagi, Afgan Buka-bukaan Kedekatannya dengan Rossa

Dari hasil penelitian ditemukan, peneliti menilai responden yang mengadopsi, menyelamatkan atau membeli hewan peliharaan, merupakan strategi potensial untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ternyata, selama kepemilikan hewan peliharaan membawa responden pada gaya hidup yang lebih aktif secara fisik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya