Orang yang Optimis Berpotensi Panjang Umur, Nih Penjelasannya

Ilustrasi pasangan bahagia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Jika kamu adalah orang yang positif, kabar baiknya adalah kamu berpotensi untuk memperpanjang masa hidupmu daripada mereka yang hidup pesimis. Sederhananya, kamu lebih berpeluang panjang umur.

Prabowo Ingin Segera Bangun Pabrik Ponsel di RI demi Jaga Kedaulatan Teknologi

Hal itu dikatakan dalam sebuah studi oleh peneliti dari Boston University School of Medicine. Para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki sifat optimis, hidupnya 15 persen lebih lama dibanding mereka yang selalu pesimis.

Seperti dikutip dari situs Mirror, Selasa, 27 Agustus 2019. Peneliti melakukan survei terhadap 69.744 wanita dan 1.429 pria tentang optimisme mereka.

Alasan Deddy Corbuzier Ogah Didoakan Panjang Umur

Selain itu, kesehatan dan kebiasaan responden pun turut diamati, termasuk diet, apakah merokok atau tidak dan kebiasaan mengonsumsi alkohol. Survei untuk wanita dilakukan selama 10 tahun sedangkan pria 30 tahun. 

Baca juga: Ternyata Ini Rahasia Kura-kura Berumur Panjang hingga 700 Tahun

Fundamental Kuat, BRI Optimistis Arungi Tahun 2024

Hasilnya, peserta yang paling optimis memiliki umur 11-15 persen lebih lama. Ada kemungkinan juga bisa mencapai usia 85 tahun dengan persentase 50-70 persen. Hasil ini turut memperhitungkan usia, penyakit kronis, depresi dan perilaku kesehatan.

"Penelitian telah mengidentifikasi banyak faktor risiko untuk penyakit dan kematian dini. Kita sedikit tahu tentang faktor-faktor psikososial, di mana usia tua tapi memiliki kesehatan yang cukup," kata penulis penelitian, Lewina Lee.

Hubungan antara umur dan rasa optimis masih belum jelas. Tapi penelitian yang berbeda menyebut bahwa mereka yang memiliki rasa optimis bisa mengatur emosi dan perilaku serta bisa bangkit dari keadaan stres dan kesulitan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya