Logo WARTAEKONOMI

Adu Pendapat Jack Ma Vs Elon Musk: Lebih Pintar Manusia atau Mesin?

Elon Musk Percaya Mesin Akan Kalahkan Manusia, Jack Ma Tidak Percaya. Kenapa?. (FOTO: Fortune)
Elon Musk Percaya Mesin Akan Kalahkan Manusia, Jack Ma Tidak Percaya. Kenapa?. (FOTO: Fortune)
Sumber :
  • wartaekonomi

Inilah teka-teki terbesar abad 21. Siapa yang akan lebih powerful di planet Bumi ini, mesin atau manusia? Berbagai ramalan, buku, atau pun film science fiction banyak mengulas ini. Tapi sampai sekarang, belum ada yang pasti siapa yang akan menang.

Menurut chairman Alibaba, Jack Ma, dan CEO Tesla, Elon Musk, salah satu tantangan terbesar bagi manusia dalam dua dekade mendatang adalah kurangnya sumber daya manusia.

Para pengusaha miliarder tersebut dipertemukan pada satu panggung di Konferensi World Artificial Intelligence (AI) di Shanghai pada Kamis (29/8/2019) untuk membahas kekuatan AI serta masa depan komputer.

Sebagaimana dikutip dari rt.com, Ma percaya kecerdasan buatan tidak menimbulkan ancaman bagi manusia, ia mengklaim bahwa dibandingkan dengan manusia, komputer hanyalah mainan. Menurutnya, sumber daya terbaik di dunia adalah otak manusia.

Baca juga: Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Pilih Tinggal di Dekat Indonesia

"Tidak mungkin manusia dapat dikendalikan oleh mesin. Komputer adalah mesin yang ditemukan oleh manusia," jelasnya.

Musk tidak setuju dengan Ma, ia mencatat bahwa komputer menjadi lebih pintar daripada manusia di semakin banyak bidang dan bahwa tren akan terus berlanjut.