Kenapa 6 Wilayah di Papua dan Papua Barat Masih Diblokir Internetnya

Demonstrasi Nyalakan Lagi internet Papua
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Sebagian wilayah di Papua masih diblokir internetnya. Hingga Senin sore 9 September 2019, enam wilayah belum dibuka blokir internetnya. Untuk provinsi Papua, empat wilayah yaitu Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura. Sedangkan Provinsi Papua Barat yaitu Kota Sorong dan Kota Manikwari. 

Kronologi Pembakaran Sekolah dan Puskesmas oleh KKB Papua

Kementerian Komunikasi dan Informatika berdalih masih menunggu arahan otoritas keamanan nasional untuk membuka blokir internet di enam wilayah tersebut.

"Ini nih kami lagi menunggu. Mudah-mudahan 1-2 hari ke depan sudah mulai semua," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, kepada VIVA.co.id, Senin 9 September 2019. 

Kepala Bappenas Bongkar Desain Asli Pembangunan Papua

Dia mengatakan, penentuan pembukaan blokir itu di tangan Kapolda baik di Papua dan Papua Barat. Pria yang akrab disapa Nando itu mengharapkan sisa enam wilayah bisa langsung dibuka secara keseluruhan karena sudah masuk pekan ketiga pemblokiran internet. 

Baca juga kuy: KPAI Cuma Tuntut 2 Hal kepada PB Djarum

Mahfud MD Ungkap Dana Papua Besar, Tapi Dikorupsi Elit di Sana

Untuk keenam wilayah tersebut, kata Nando, dunia nyata dan dunia mayanya belum pulih benar keadaan seperti semula. 

"Belum pulih benar, kondisinya belum seperti sedia kala lah. Masih ada gejolak kecil, belum sepenuhnya total pulih belum," kata dia.

Ketua MK Anwar Usman memimpin sidang putusan

MK: Pemblokiran Internet oleh Pemerintah Sah dan Konstitusional

MK memutuskan, bahwa terhadap itu sah dan konstitusional, tidak melanggar peraturan perundang-undangan. Meski demikian, ada dua hakim yang dissenting opinion.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2021