Pengganti Jack Ma Dibayang-bayangi Tantangan Besar

Pendiri Alibaba, Jack Ma
Sumber :
  • Instagram/@alibaba.group

VIVA – Jack Ma resmi mengundurkan diri dari Alibaba dan meninggalkan kekayaan senilai US$460 miliar setelah 20 tahun mengelola perusahaan. Pengunduran dirinya tepat pada usianya yang ke-55. Skema pengunduran dirinya memang sudah lama berhembus.

Ocistok, Platform Startup E-Commerce RI Lebarkan Sayap Bisnis ke Negeri Tirai Bambu

Dikutip dari situs Business Insider, Ma telah memilih Daniel Zhang sebagai penggantinya yang dulunya menjabat sebagai Kepala Eksekutif sejak 2015. Tapi banyak juga yang meragukan Zhang.

Pasalnya Jack Ma adalah pria kaya yang sangat menyukai hal-hal yang mewah. Ia pernah membintangi film, bernyanyi di sebuah festival bahkan pernah tampil di pesta perusahaan dengan kostum khas Michael Jackson.

Sempat Hilang Ditelan Bumi, Jack Ma Kini Didepak dari Perusahaannya

Baca Juga: Ketahui Aturan Main Blokir di WhatsApp, Banyak yang Belum Tahu Lho

Kemewahannya juga didukung dengan adanya program belanja tahunan Singles Day Alibaba untuk karyawannya, yang didukung penampilan dari artis kenamaan Mariah Carey dan Cirque du Soleil. Gaya khasnya ini juga terlihat pada pesta perpisahannya, yang diadakan di stadion berkapasitas 80 ribu orang.

Seberapa Canggih AI Generatif Milik Alibaba Cloud

Daniel Zhang diprediksi menghadapi tantangan di tengah perang dagang Amerika Serikat dan China. Kemudian ia juga harus berjuang karena adanya kelambatan industri e-commerce di negaranya itu.

"Jika Alibaba ingin menemukan inovasi atau tren baru, ini akan jadi lebih sulit dibanding masa sebelumnya. Daniel Zhang akan menghadapi tantangan yang besar," kata seorang analisis, Liu Yiming membicarakan pengganti Jack Ma.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Hasyim Asy'ari angkat bicara terkait isu aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang terafiliasi Alibaba.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024