24 Aplikasi 'Jahat' Huni Play Store, Android-mu Bisa Terancam

Ilustrasi Google Play Store.
Sumber :
  • tested.com

VIVA – Play Store adalah toko aplikasi yang ada di Android, yang terisi oleh banyak aplikasi. Sebagian besar aplikasi diklaim tidak berbahaya, tapi penelitian terbaru menyebut beberapa memiliki efek buruk pada perangkat.

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

Dikutip dari situs Express, Kamis, 12 September 2019, CSIS Security Group baru-baru ini menerbitkan laporan yang membahas 24 aplikasi yang memiliki malware the Joker. Aplikasi itu memiliki kode jahat yang dirancang untuk mengambil keuntungan dari pengguna yang ditargetkan.

Malware dapat melakukan klik pada iklan tertentu dan kemudian melakukan pendaftaran dengan mengakses pesan dari SMS untuk mendapatkan kode otorisasi. Hal seperti ini berpotensi membuat pengguna membayar langganan dari program yang didaftarkan.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Aplikasi ini dapat memengaruhi individu di 37 negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Australia dan Jerman. 24 aplikasi itu adalah Advocate Wallpaper, Age Face, Altar Message, Antivirus Security, Beach Camera, Board Picture Editing, Certain Wallpaper, Climate SMS, Collate Face Scanner, Cute Camera, Dazzle Wallpaper, serta Declare Message. 

Berikutnya adalah aplikasi Display Camera, Great VPN, Humour Camera, Ignite Clean, Leaf Face Scanner, Mini Camera, Print Plant Scan, Rapid Face Scanner, Reward Clean, Riddy SMS, Soby Camera dan Spark Wallpaper.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

24 aplikasi ini sudah dihapus oleh raksasa teknologi Google yang mana pemilik Play Store. Pengguna yang pernah menggunakan aplikasi di atas, diharapkan untuk segera uninstall dan memeriksa riwayat transaksi yang mencurigakan.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar

KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota

Tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 saat ini memasuki proses pembentukan badan adhoc.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024