Wajah Baru Google, Bikin Pencarian Berita jadi Berbeda

Kantor Google Asia Pasifik di Singapura.
Sumber :
  • ABS-CBN News

VIVA – Google menyatakan bahwa perusahaan sedang mengambil langkah baru untuk memastikan laporan original bisa menjadi prioritas dalam hasil pencarian.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Ini berarti, artikel yang memulai siklus berita utama seharusnya memiliki tempat menonjol dari hasil pencarian pada waktu yang lama. Bukan terkubur dalam liputan yang terbaru.

"Meskipun kami biasanya menunjukkan versi terbaru dan paling lengkap dari sebuah cerita dalam hasil berita, kami membuat perubahan produk global untuk menyoroti artikel yang kami identifikasi sebagai laporan asli," kata Wakil Presiden Google Untuk Berita, Richard Gingras dalam blog resmi Google, dilansir laman Tech Crunch, Jumat, 13 September 2019.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Dia mengatakan, artikel tersebut akan bertahan dalam posisi yang terlihat lebih lama. Keunggulan ini memungkinkan pengguna Google Search melihat laporan asli sambil mencari artikel terbaru juga.

Soal algoritma, Gingras mengatakan Google melakukannya melalui Quality Raters yaitu jaringan global lebih dari 10 ribu individu yang menawarkan feedback dalam hasil pencarian Google. Pada gilirannya sangat berguna untuk meningkatkan algoritma pencarian raksasa teknologi itu.

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

Secara spesifik, Google mengubah pedomannya menjadi artikel yang memberikan 'informasi yang tidak diketahui jika artikel tidak mengungkapkannya' diberi peringkat setinggi mungkin.

Pedoman itu juga menanyakan pada para pemberi nilai untuk mempertimbangkan reputasi umum publikasi. Ini berdasarkan penghargaan prestisius seperti Pulitzer Prize.

Gingras menambahkan pengguna bisa mengharapkan upaya ini untuk secara konstan berkembang saat berupaya memahami siklus hidup cerita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya