Nih Sebaran Titik Api di Indonesia dari Satelit Khusus Karhutla

Hotspot karhutla berdasarkan citra satelit yang ditampilkan LAPAN
Sumber :
  • www.modis-catalog.lapan.go.id

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan sedang melanda dua wilayah di Sumatera dan Kalimantan. Bencana ini menjadi perhatian nasional. Beragam informasi wara-wiri titik panas atau hotspot kebakaran hutan dan lahan. Namun demikian kamu perlu teliti ya menerima informasi hotspot karhutla lho. Jangan bingung ya guys, cari referensi sumber resmi saja.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Nah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyediakan informasi hotspot karhutla yang berbasis dari citra satelit khusus pendeteksi hotspot. LAPAN menampilkan data dari tiga satelit khusus tersebut yaitu satelit NOAA, satelit Terra, satelit Aqua, satelit MODIS sampai satelit Suomi NPP-VIRSS.

Dari katalog informasi hotspot real time yang disediakan LAPAN, dikutip Senin 16 September 2019, terdapat beberapa kategori tingkat hotspot yang namanya selang kepercayaan atau confidence level, dengan dilabel 'C'.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Label ini menunjukkan tingkat kepercayaan bahwa hotspot yang dipantau dari data satelit penginderaan jauh merupakan benar-benar kejadian kebakaran yang sebenarnya di lapangan. 

LAPAN menuliskan, semakin tinggi selang kepercayaan artinya semakin tinggi pula potensi hotspot adalah benar kebakaran hutan dan lahan yang terjadi.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Makna tingkat kepercayaan hotspot C < 30 persen artinya selang kepercayaan rendah dan tindakan yang diharapkan yaitu perlu diperhatikan. Tingkat kepercayaan hotspot C < 80 persen artinya selang kepercayaan nominal dan tindakan yang diharapkan yakni waspada. Sedangkan tingkat kepercayaan hotspot C < 100 persen artinya selang kepercayaan tinggi dengan tindakan segera penanggulangan. 

Dengan selang kepercayaan mencapai 99 persen, informasi hotspot LAPAN menunjukkan, ada 300 titik panas lho yang tersebar di berbagai wilayah di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Untuk di Sumatera, hotspot terjadi di Riau, Sumatera Utara, Palembang, Jambi, Bangka Belitung, Lampung dan lainnya. 

Untuk hotspot di Kalimantan terjadi merata di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara. Sedangkan di Sulawesi, hotspot terdeteksi di Sulawesi Tengah, Kendari dan lainnya. 

Untuk hotspot selengkapnya, kamu bisa akses di halaman berikut ini ya.

   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya