KPI Tegur Spongebob, Menkominfo Komennya Begini

Spongebob Squarepants.
Sumber :
  • dok Youtube

VIVA – Halo guys, isu Spongebob masih ramai di mana-mana lho. Tapi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku tak tahu soal sanksi yang diberikan Komisi Penyiaran Indonesia kepada tayangan Spongebob. Untuk itu, dia enggan mengomentari kebijakan itu. 

Sempat Disebut Eksploitasi Anak, KPI Beri Teguran Tertulis Program Sahur Raffi Ahmad-Nagita Slavina

"Waduh saya karena enggak tahu. Saya enggak bisa kasih tanggapan, (nanti) salah lagi," kata Rudiantara di Jakarta, Selasa 17 September 2019. 

Dia bilangnya begini, KPI memiliki patokan bernama Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Namun Rudiantara ngingetin lho pedoman tersebut juga harus diperbarui supaya tidak jadul dan menyesuaikan dengan dinamika zaman. 

Viral Supir Bus Lakukan Operasi Plastik Gegara Disebut Mirip Spongebob, Hasilnya Menakjubkan

Dia mengatakan sebuah aturan bakal terus diperbarui atau direvisi sesuai dengan perkembangan zaman. Rudiantara menyontohkan aturan Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) juga diperbarui. 

"Kayak PP Nomor 82 (PSTE) saja kita revisi, karena apa? dinamikanya sudah berubah. Enggak pas lagi," ujar dia. 

KPI: Revisi UU Penyiaran Perlu Atur Definisi Media Baru

Baca juga yuk: Shandy Aulia Terdiam Saat John De Rantau Komentari Foto Seksinya

KPI menyanksi sejumlah tayangan televisi, termasuk di dalamnya The Spongebob Squarepants Movie dan film Gundala. Atas kebijakan itu, KPI menjadi sasaran kekesalan warganet. Tagar #BubarkanKPI menjadi trending topic di Twitter selama beberapa hari. Yah semoga polemik tayangan Spongebob bisa segera ada titik temu ya guys.

Raffi Ahmad

Program Sahurnya Kena Tegur KPI, Raffi Ahmad: Ya Enggak Apa-apa

Menyusul dengan teguran tersebut, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga sempat angkat bicara.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024