Foto-foto Kebakaran Hutan Kalimantan dari Luar Angkasa

Citra kebakaran hutan Kalimantan dari satelit antariksa NASA
Sumber :
  • https://earthobservatory.nasa.gov

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengunggah citra kebakaran hutan dan lahan yang melanda di Kalimantan. Dengan menggunakan satelit Terra dan instrumen  Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer atau MODIS, NASA memotret citra karhutla di Kalimantan pada 15 September 2019. 

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Dari citra luar angkasa terlihat, asap menyelimuti Kalimantan dan memicu kualitas udara yang buruk dan menjadi peringatan bagi Indonesia dan negeri tetangga

Menurut dokumentasi citra satelit itu, NASA mendeteksi banyak api yang membakar area Kalimantan. Satelit NASA mendeteksi bukti kebakaran di Kalimantan ini sudah terjadi sepanjang Agustus, tapi jumlah dan intensitas kebakaran hutan meningkat pada pekan pembuka September 2019. 

Ketahui Hal-Hal yang Menjadikan Puasa Ramadhan Menjadi Sia-sia

Dari citra satelit, NASA mengatakan kebakaran karhutla merupakan kejadian umum di Kalimantan pada September dan Oktober, karena petani membakar puing lahan pertanian dan penebangan untuk membersihkan jalan bagi tanaman dan ternak. 

Penampakan Api Unggun di Titik Jatuhnya Pesawat Smart Aviation, Tanda SOS Pilot Selamat

Instrumen Operational Land Imager pada Satelit Landsat 8 dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat menunjukkan, kebakaran lahan terjadi di beberapa daerah kelapa sawit di Kalimantan Selatan. Pengamatan gelombang pendek inframerah menunjukkan lokasi kebakaran aktif.

Kamera Digital Terbaru Fujifilm X100VI

Desain Ringkas dan Canggih, Begini Penampakan Kamera Digital Terbaru Fujifilm X100VI

FUJIFILM Indonesia mengumumkan peluncuran kamera digital terbaru “FUJIFILM X100VI” di Indonesia pada Sabtu, 16 Maret 2024. Desain ringkas dan canggih.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024