Penipuan Galang Dana Seliweran di Facebook, Nih Cirinya Jangan Ketipu

Facebook.
Sumber :
  • WalesOnline

VIVA – Raksasa media sosial Facebook sedang dirundung masalah penipuan berkedok penggalangan dana. Pola penipuan modus ini cukup sederhana. Pelaku akan membuat grup dan kemudian mereka menambah beberapa foto atau video untuk meraih simpati.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Menurut penjelasan Kaspersky, dikutip Jumat 20 September 2019, nama grup akan berisi permohonan bantuan dan penipu akan menggambarkan penderitaan anak yang mengidap penyakit parah dan diilustrasikan dalam bentuk visual.

Sayangnya grup seperti ini bukan hanya satu. Biasanya keterangan di grup akan sama, yang berbeda hanyalah nama anak, diagnosis penyakit dan nama rumah sakit tempat mereka menerima perawatan. Ciri berikutnya nama rekening sering kali sama dengan yang mereka cantumkan di beberapa grup.

Masyarakat Diminta Jangan Gampang Umbar Data Pribadi

Setiap bulannya kelompok seperti ini akan terus ada yang baru. Meski pun masyarakat sudah mampu menghentikannya dengan cepat, namun ada beberapa korban yang terlanjur mentransfer sejumlah dana.

Lalu, bagaimana cara membedakan antara penggalangan dana penipuan dan yang asli? Biasanya penggalangan dana yang dibuat penipu umurnya baru beberapa pekan saja, namun mereka sudah di-repost dan dilihat ribuan kali. Sedangkan komunitas penggalangan dana yang asli butuh waktu lama untuk bisa mengembangkan informasi.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Ciri berikutnya, penipu akan terus-menerus menggunakan video yang emosional, foto berkualitas rendah, menggunakan huruf kapital disertai tanda seru. Membuat pembaca bereaksi secara spontan tanpa bisa berpikir kritis.

Kemudian penipu yang menggalang dana akan menggunakan kata-kata penggalangan dana hampir tercapai atau malah ada tagihan mendesak. Alasannya semakin mereka menyuruh kita untuk terburu-buru, semakin kecil kesempatan untuk memverifikasi apakah penggalangan dana itu sungguhan atau palsu.

Baca juga yah: Data Bocor, Lion Air Wajib Buka-bukaan dan Tanggung Jawab!

Grup penipu biasanya tidak menyertakan jejak laporan atau catatan medis. Kalau pun tersedia, pengguna harus mencocokkannya dengan informasi yang dibagikan. Penipu juga secara cepat menghapus komentar pengguna yang meminta update tentang penyakit yang diderita.

Terakhir, kelompok itu biasanya mencantumkan situs untuk meyakinkan korban. Disarankan untuk tidak memasukkan data pribadi ke web tersebut. Keinginan untuk membantu orang lain merupakan dorongan yang luar biasa, tapi tetaplah berpikir kritis agar amal yang kamu keluarkan bisa tepat sasaran. Hati-hati ya guys.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya