Sudah Ada Kandidat Ibu Kota Baru, Bagaimana Persiapan Telkomsel?

Desain ibu kota baru.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Beberapa daerah menjadi kandidat wilayah ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Diskominfo Penajam Paser Utara, Budi Santoso mengatakan wilayah yang menjadi kandidat lokasi ibu kota baru sudah memiliki jaringan 4G. 

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

"Saat ini seperti yang tersebar di media, bahwa ada tiga desa yang saat ini sudah disurvei, yaitu Kelurahan Pemaluan, Desa Bumi Harapan, dan Desa Bumi Anyar. Untuk kondisi jaringan sendiri masih 4G, karena di sana hutan tanaman industri. Jadi untuk penduduknya masih ada spot-spot-lah, berkoloni mereka," ujar dia ditemui di Kantor Diskominfo Penajem Paser Utara, Senin 23 September 2019. 

Dia mengatakan memang di beberapa tempat di calon lokasi ibu kota baru ini terdapat wilayah blank spot. General Manager Network Operation Quality Management Telkomsel Regional Kalimantan, Rahmad Putra Jaya mengamininya. 

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

Namun untuk beberapa kandidat wilayah, Telkomsel sudah membangun fasilitasnya. Misalnya di Desa Bumi Harapan terdapat 1 site, Bukit Raya 1 site, Pemaluan 2 site dan Riko 2 site

Di jalur lintas utama, Telkomsel sudah memiliki jaringannya sendiri. Namun di beberapa titik terdapat jalur yang masih berupa area hutan. 

Penampakan Gedung di IKN, dari Kantor Menteri Hingga Wakil Presiden

"Kalau 2G sudah ada, tapi broadband ini jarak sampai 10 Km memang sinyal 4G tipis-tipis. Kita akan ganti teknologinya ini dengan teknologi namanya L900," kata Rahmad.

Jadi untuk wilayah perumahan, dia mengatakan jaringannya sudah tersedia. Namun jika jalur lintasnya kecil-kecil kemungkinan untuk 4G tipis. 

"Intinya kami dari Telkomsel sudah menyiapkan infrastruktur pendukung, karena terus terang titik ibu kota ada di mana, kita belum tahu. Tapi sambil menyiapkan itu kami menyediakan infrastruktur," ujar Rahmad. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya