XL Makin Mantap Main Internet of Things Pakai NB-IoT

Peluncuran NB-IoT XL Axiata
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA – XL Axiata terus berupaya memperkuat ekosistem dan memanfaatkan perkembangan potensi bisnis solusi Internet of Things (IoT). Salah satu dengan meluncurkan produk komersial jaringan berteknologi Narrowband IoT (NB-IoT) di 31 kota/kabupaten di Indonesia.

Peluncuran ini juga bertujuan memperkuat bisnis layanan dalam melayani pasar korporasi dan UKM terhadap kebutuhan solusi IoT secara end-to-end dan customize.

"Memasuki usia ke-23 melayani masyarakat Indonesia, XL Axiata akan terus mengembangkan layanannya disesuaikan dengan dinamika industri telekomunikasi dan data dan pesatnya kemajuan teknologi digital yang terjadi. Kami melihat layanan IoT akan menjadi solusi bisnis pilihan di masa mendatang untuk korporasi dan UKM serta sekaligus menjadi sumber pertumbuhan kami di era Industri 4.0," ujar Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto dalam pernyataanya, Rabu, 25 September 2019.

Dia mengatakan pihaknya terus memperkuat ekosistem salah satunya dengan peluncuran komersial kartu perdana khusus NB-IoT. Feby juga menambahkan upaya pengembangan ekosistem ini, XL bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Kementerian Kominfo dan Kementerian Perindustrian serta mitra lain seperti penyedia perangkat, platform, system security yang teruji.

Untuk pendidikan, jaringan NB-IoT dapat dimanfaatkan oleh pengembang perangkat IoT baik dari pelajar/mahasiswa dan juga industri di setiap kota yang telah terkoneksi.

Secara teknis, prinsip kerja sama jaringan NB-IoT dengan pihak teknologi selular secara umum. Hanya yang membedakan adalah modul komunikasi yang ada pada perangkat IoT yang bekerja pada frekuensi 900 MHz (band 8).

Frekuensi rendah dan jaringan NB-IoT dengan Low Power Wide Area artinya daya yang digunakan perangkat untuk berkomunikasi dengan jaringan sangat kecil namun cakupan jangkauannya sangat luas, jadi jaringan lebih efektif dan efisien, dibandingkan dengan jaringan selular lainnya untuk use case IoT yang tidak membutuhkan bandwidth besar.

Perangkat IoT dengan NB-IoT bisa bertahan sampai 10 tahun dengan menggunakan baterai. Perangkat pemancarnya hingga radius lebih dari 10 kilometer dan menggunakan infrastruktur telekomunikasi aman dan terintegrasi.

Jaringan NB-IoT XL Axiata didukung perangkat seperti Ericcson, Huawei, Cisco dan beberapa penyedia perangkat telekomunikasi lainnya.

Catat Rekor Baru, Rukun Raharja Cetak Laba Bersih 2023 US$27,1 Juta
Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia (tengah)

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

HSBC resmi meluncurkan ASEAN Growth Fund senilai US$1 miliar atau setara dengan Rp15,8 triliun.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024