Elon Musk Pamer Pesawat untuk Jalan-jalan ke Bulan sampai Mars

CEO SpaceX, Elon Musk menjelaskan update purwarupa wahana antariksa
Sumber :
  • YouTube/@SpaceX

VIVA – Pendiri perusahaan antariksa swasta SpaceX, Elon Musk meluncurkan purwarupa baru pesawat ruang angkasa yang dipakai untuk perjalanan pribadi atau jalan-jalan ke Bulan. 

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Purwarupa wahana baru ini disebut sebagai Mark 1. Wahana itu akan mengirimkan 100 orang wisatawan ke luar angka dengan roket Super Heavy. Perjalanan pribadi luar angkasa ini akan menuju ke Bulan dan berakhir di Planet Mars

Rencananya wahana ini akan didukung dengan Raptor, mesin roket pembakaran bertenaga penuh bertingkat yang ditenagai oleh metana kriogenik dan oksigen cair.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

"Ini, saya pikir hal paling menginspirasi yang pernah saya lihat," kata Elon Musk, di depan 200 pegawai SpaceX, tamu dan reporter di salah satu pabrik SpaceX di dekat Boca Chica Village, Texas dilansir laman UPI, Senin 30 September 2019.  

Musk menuturkan, pekerjaan membangun prototipe ini berasal dari tim yang luar biasa. Tak lupa dia menyatakan kebanggaannya bisa bekerja dengan tim yang hebat. 

Bernard Arnault, Orang Terkaya di Bumi Tahun 2024 dan Berhasil Geser Posisi Elon Musk

Bos SpaceX itu berharap bisa mencapai orbit Bumi dengan purwarupa Starship dalam waktu enam bulan. Orang-orang bisa menggunakannya mulai tahun depan. 

"Startship akan menjadi roket paling kuat dalam sejarah, yang mampu membawa manusia ke Bulan, Mars dan seterusnya," tulis SpaceX dalam Twitternya. 

Tahun lalu, SpaceX mengumumkan roket reusable berukuran 387 kaki yang akan mengirim miliarder Yusaku Maezawa dan seniman ke Bulan pada 2020. Musk mengatakan, Mark 1 akan terbang ke sub orbit ketinggian tinggi dalam waktu dekat di Texas. 

"Kendaraan ini akan lepas landas, terbang menuju 65 ribu kaki, sekitar 20 kilometer dan kembali dan mendarat, dalam satu atau dua bulan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya