Logo WARTAEKONOMI

Sudah Tua Masih Main Media Sosial, Jadi Korban Penipuan Rp300 Juta

Pria tua malang kena tipu di media sosial.
Pria tua malang kena tipu di media sosial.
Sumber :
  • wartaekonomi

WE Online, Surakarta – Orangtua berusia 67 tahun di Inggris mengalami nasib malang, karena menjadi korban penipuan di media sosial. Kerugiannya mencapai sekitar Rp344 juta (20 ribu poundsterling).

Penduduk yang berasal dari daerah Galashiels di perbatasan Inggris itu dibujuk untuk mengklik tautan yang menunjukkan kalau ia telah mendapat 150 ribu poundsterling (Rp2,58 miliar), karena menang lotere.

“Saya sudah membayar 21 ribu poundsterling (Rp361 juta) uang tunai sebagai biaya pengiriman hadiah dan pajak,” kata pria itu, seperti dikutip dari BBC, Senin (30/9/2019).

Saat ini polisi tengah menyelidiki penipuan itu, petugas pun mengimbau penduduk lainnya untuk berjaga-jaga.

Polisi Christina Campbell-Falconer dari Kantor Polisi Galashiels mengatakan, setelah menyadari telah menjadi korban penipuan, pria itu melaporkan kejadiannya ke kepolisian.

"Saat ini kami tengah melakukan penyelidikan," kata Falconer. Ia dan jajarannya mengimbau para pengguna media sosial untuk berhati-hati.

Pengguna juga diimbau agar tidak mengklik tautan secara sembarangan. "Kami juga memberikan peringatan kepada seluruh pengguna media sosial agar tak mengirim uang atau detail keuangan pribadi kepada seseorang yang menghubungi lewat media sosial," jelas dia.