Viral Fenomena Matahari Cincin, Kenapa Bisa Terjadi?

Fenomena Matahari Cincin di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah
Sumber :
  • Instagram/@rinamikulo

VIVA – Beberapa daerah di Jawa Tengah melihat penampakan fenomena cincin Matahari pada Selasa siang 1 Oktober 2019. Catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, fenomena Matahari cincin terlihat di langit Sragen Kudus, Demak, Pati, Purwodadi sampai Blora. 

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Profesor riset astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menuliskan dalam tulisan di blognya, cincin yang melingkari Matahari bisa disebut halo. Penampakan halo ini merupakan cincin pelangi. 

"Halo disebabkan adanya kristal es di awan Cirrus yang membiaskan cahaya matahari seperti prisma," tulis Thomas dikutip Selasa 1 Oktober 2019. 

Sebentar Lagi Matahari Akan Tepat di Garis Khatulistiwa

Dia menuturkan, cahaya yang terurai tampak membentuk cahaya pelangi yang melingkari matahari. 

"Warna hitam di antara matahari dan cincin hanya akibat efek kontras saja," jelas Thomas.

Kabar Terkini Pemeran Bayi Matahari di Teletubbies, Ternyata Sudah Punya Anak!

Dalam kondisi yang sangat dingin di awan Cirrus tersebut dapat berbentuk kristal-kristal es. Wilayah yang kebetulan mataharinya terhalang oleh awan cirrus tersebut akan melihat fenomena halo. 
 
Fenomena halo itu bisa terjadi di malam hari lho. Nah kalau malam hari, kata Thomas, terjadi saat bulan purnama yang mana melingkari Bulan. 

Ilustrasi kerutan di dahi/keriput.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Namun, penuaan kulit yang membuat kulit jadi keriput dapat dipercepat oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang seringkali tidak kita sadari lakukan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024