Pebisnis Online Pilih Jualan di WhatsApp dan IG Bukan E-Commerce

Konferensi pers startup logistik Paxel dan Provetic
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Usaha Kecil dan Menengah atau UKM di Indonesia ternyata lebih banyak yang mengandalkan media sosial untuk berjualan dibanding platform e-commerce. Hal ini terungkap menurut survei startup logistik Paxel dan Provetic.

Buka Inacraft 2023, Jokowi Sumringah Banyak Anak Muda

Survei ini melibatkan 535 penjual daring yang bertindak sebagai responden yang mana 87 persen responden mengaku berjualan lebih dari satu platform dan yang sering digunakan adalah WhatsApp.

"Dilihat trennya, pengguna e-commerce merupakan UKM veteran, yang pengalamannya lebih dari dua tahun. Sedangkan pemula lebih nyaman di media sosial seperti WhatsApp, Instagram karena seperti penggunaan sehari-hari," kata Chief Operational Officer Paxel dan Provetic, Zaldy Ilham Masita di Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

Menarik, hal Ini Digelar untuk Memajukan Para UKM

Zaldy mendeskripsikan, UKM pemula lebih memilih media sosial karena platform e-commerce memiliki persyaratan yang cukup rumit. Selain itu ada kemungkinan pedagang masih menguji pasar, sehingga menggunakan platform yang lebih familiar saja.

Platform yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp dengan persentase 84 persen, Instagram 81 persen, Shopee 53 persen dan Facebook 36 persen. Sementara untuk e-commerce persentasenya 29 persen di Tokopedia dan Bukalapak 18 persen.

4 Langkah Mudah UKM Bisa Lapor Pajak Gak Pakai Ribet

"Agak aneh. Survei sebelumnya enggak lihat geliat UKM di media sosial. Saya harap ini jadi perhatian pemerintah, jangan salah fokusnya. Enggak cuma platform e-commerce, tapi media sosial juga. Kalau enggak tepat bisa jadi kontraproduktif," ujarnya.

Survei yang dilakukan pada 29 Juli sampai 4 Agustus ini menemukan, toko fisik sudah tidak lagi relevan. 83 persen responden mengaku tidak memiliki toko offline, hanya 14 persen yang pernah memiliki, tapi kemudian ditutup dan sudah sepenuhnya online.

Spotlight Indonesia 2023

Spotlight Indonesia 2023, Membuka Panggung untuk UKM Fashion

Diharapkan, melalui dukungan seperti ini, semakin banyak produk dalam negeri yang akan diterima oleh konsumen, membantu UKM nasional untuk berkembang dalam desain.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023