Logo ABC

Inikah Kiamat? Astronom Lihat Tanda-tandanya di Antariksa

Galaksi Bima Sakti.
  • U-Report

Gugusan Tata Surya atau galaksi tempat planet kita berada, Galaksi Bimasakti, memiliki tetangga terdekat yaitu Galaksi Andromeda. Kini para astronom memprediksi, kedua galaksi akan berbenturan dalam tempo 4,5 miliar tahun.

Benturan Galaksi Bimasakti - Andromeda

Para astronom menemukan "kebiasaan makan" Galaksi Andromeda, yang menelan semua benda angkasa yang dilintasinya. Mengingat jaraknya yang relatif dekat, diprediksi akan terjadi benturan Andromeda dengan galaksi kita, Bimasakti. Belum bisa diketahui galaksi mana yang akan menang, tapi benturan ini dipastikan menghasilkan galaksi yang lebih besar.

Perkiraan ini didasarkan atas penemuan terbaru mengenai "kebiasaan" Galaksi Andromeda, yaitu "menelan" semua benda-benda ruang angkasa yang berada pada lintasannya.

Kebiasaan Andromeda ini diketahui telah terjadi pada 10 miliar tahun silam ketika galaksi tersebut masih dalam proses pembentukannya dan "menelan" begitu banyak benda ruang angkasa di sekitarnya.

Kemudian, terjadi lagi pada sekitar 4 miliar tahun yang lalu dalam skala yang lebih kecil.

Temuan ini merupakan hasil penelitian astronom Douglas Mackey dari Research School of Astronomy and Astrophysics di Australian National University.