Kisah Kalkulator Elektronik, Penemunya Meninggal Februari Lalu

Kalkulator
Sumber :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor

VIVA – Jerry Merryman meninggal di usia 86 tahun pada 27 Februari lalu. Merryman merupakan salah satu dari 3 orang ilmuwan di Texas Instrument yang berhasil menemukan kalkulator elektronik pada tahun 1960.

Kalkulator AI Bisa Memprediksi Kematian Manusia

Kisah penemuan kalkulator itu dimulai ketika pada 1965, Merryman dan rekannya di Texas Instrument ditugaskan untuk membuat kalkulator elektronik portable. Ini untuk menjawab tantangan industri yang selalu membuat perangkat elektronik, dari komputer sampai televisi. Namun semuanya berukuran besar, belum bisa digenggam. Demikian dilansir dari Paleofuture Gizmodo, Kamis, 10 Oktober 2019.

Sebelumnya memang sudah ada kalkulator namun ukurannya masih dianggap terlalu besar. Pasalnya, kalkulator itu beratnya 20 kilogram. Lalu, 18 bulan kemudian, pada 1967, Merryman membawa purwarupa kalkulator yang memiliki berat hanya 1 kilogram, dinamai Cal-Tech. Prototipe ini masih tersimpan dengan baik di museum Smithsonian.

Viral Varcella Wijaya Cewek Kalkulator, Ternyata Jago Berhitung Sejak Usia 5 Tahun

Pada 2007, Merryman sempat bercerita jika Jack Kilby, yang menemukan jaringan sirkuit terintegrasi pada 1958, memanggil para ilmuwan di TI untuk menugaskan membuat semacam komputasi pribadi. Harus ada tombol, lampu notifikasi, dan berukuran cukup kecil.

Mengenal SehatQ, Platform Konsultasi Kesehatan Online

“Semua itu harus dioperasikan dengan baterai kecil, dan cukup untuk dipegang di tangan,” kata Merryman dalam sebuah wawancara 12 tahun lalu.

Prototipe kalkulator buatan Merryman memiliki empat fungsi dasar, yakni penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Awalnya istilah ‘kalkulator' belum digunakan sebagai nama generik untuk alat hitung. Versi komersial kalkulator diberi nama Pocketronic dan mulai dijual pada 1970.

Makalah tahun 1996, yang berjudul Sejarah Kalkulator Elektronik Genggam yang ditulis Kathy B. Hamrick menjelaskan alasan TI membuat kalkulator genggam. TI pada dasarnya memiliki microchip canggih namun hanya digunakan oleh kalangan militer dan industri. TI ingin microchip itu bisa diproduksi dalam jumlah besar, dikomersilkan ke pasar konsumen. 

Sayangnya, sejak Pocketronic komersil sampai sekarang, tidak banyak orang yang tahu jika itu adalah hasil kerja Merryman dan kawan-kawannya. Nama mereka tidak pernah terekspos ke publik. Namun Merryman tidak mempermasalahkan hal itu.

"Hal yang paling luar biasa adalah melihat prototipe saya di antara karya Thomas Edison dan Graham Bell di (museum) Smithsonian,” kata Merryman kala itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya