Studi: Tomat Bikin Sperma Kamu Tokcer

Tomat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada kabar bagus nih buat kamu yang ingin spermanya berkualitas. Senyawa yang ditemukan di dalam tomat diakui bisa membantu mengatasi masalah kesuburan pada pria, menurut para ilmuwan.  

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Dikutip dari situs Mirror, Kamis 10 Oktober 2019, suplemen makanan yang mengandung likopen atau zat di dalam tomat terbukti meningkatkan kualitas sperma tokcer secara keseluruhan, dengan peningkatan ukuran dan bentuk, serta kemampuan berenang.

Penemuan ini diklaim peneliti dapat mengurangi kebutuhan perawatan pria atas masalah kesuburan. Lebih dari 40 persen kasus infertilitas disebabkan oleh produksi atau fungsi sperma yang abnormal.

Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

Tapi untuk penelitian ini, para ahli hanya melibatkan peserta dengan sperma yang sehat, tidak menunjukkan likopen dapat meningkatkan taraf kesuburan mereka. Makanya perlu diteliti lagi dengan pria yang memiliki kualitas sperma yang buruk.

Dalam penelitian itu, tim ilmuwan dari Universitas Sheffield Inggris melibatkan 60 responden sehat usia 19-30 tahun. Uji coba dilakukan selama 12 pekan dan setengah dari peserta mengonsumsi 14 mg suplemen LactoLycopene, setengahnya lagi merupakan pil kosong atau dummy.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Baca juga yuk: Rekam Jejak Arteria Dahlan, Politikus Muda Penuding Emil Salim Sesat

Penelitian ini adalah uji coba acak, membuat peneliti maupun sukarelawan tidak tahu yang mana yang mengonsumsi LactoLycopene. 

"Kami tidak berharap pada akhir penelitian akan ada perbedaan di sperma laki-laki yang mengkonsumsi itu maupun yang tidak. Saya terkejut, ukuran dan bentuk sperma mengalami peningkatan," ujar penulis utama penelitian, Allan Pacey.

Ia menuturkan, studi yang diterbitkan di European Journal of Nutrition tidak menyelidiki bagaimana likopen membantu meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan. Tapi dipercaya sifat antioksidan pada tomat dapat mencegah kerusakan pada sperma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya