Internet Lemot, Jokowi: Masyarakat Mau SMS Dekati Pohon Dulu

Petugas Melakukan Perawatan Tower Telekomunikasi Milik Tower Bersama di Kepulauan Seribu
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Saat meresmikan Palapa Ring, Presiden Joko Widodo bercerita soal sulitnya masyarakat mengakses internet. Saking sinyal internet lemot, untuk berkirim pesan masyarakat harus mendekati menara Base Transceiver Station atau BTS. Jokowi mengatakan, sebagian masyarakat menyebut menara BTS dengan sebutan pohon. 

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

"Itu pun sudah mendekat di bawah tower BTS, kalau mau cepat cari BTS. Yang biasa masyarakat sebut pohon SMS, deket-deket biar bisa SMS, deket pohon yang gede tinggi. Dan sekarang bukan pohon SMS, mungkin pohon WA," kata Jokowi, di Istana Negara, Senin 14 Oktober 2019. 

Dia mengatakan, beberapa tahun lalu pemerintah menyadari ketimpangan soal konektivitas digital. Beberapa wilayah ada yang konektivitasnya kencang dan di daerah lainnya masih lemah. 

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

Jokowi mengeceknya langsung ke lapangan. Dalam kunjungan ke sejumlah daerah, Jokowi mengaku dulu saat jam 10-11 malam, saat ingin menonton video koneksi internet menjadi lemot. 

Bukan hanya untuk mengirimkan video atau gambar, Jokowi mengatakan untuk mengirimkan teks juga lambat. Parahnya lagi, Jokowi merasakan untuk menggunakan telepon harus mengalami koneksi terputus-putus. 

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Baca juga yuk: September 2084, Kiamat Chelyabinsk Rusia Bakal Terulang

Tapi itu dulu, dia mengatakan, kini akan segera mengecek soal konektivitas internet itu langsung ke daerah yang internetnya dulu lemot.

"Nanti saya datang, setelah pelantikan saya mau datang coba lagi, ini bener-bener sudah on, on atau ndak. kalau on oke, cepet kenceng," kata dia. 

Ketiga paket Palapa Ring diresmikan oleh Jokowi, Senin pagi 14 Oktober 2019. Palapa Ring paket barat sudah selesai tahun lalu dan paket tengah selesai awal tahun. Sedangkan Palapa Ring paket timur selesai Agustus 2019. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya