Gletser Mencair, Tiba-tiba Muncul 5 Pulau Baru

Pulau baru yang muncul akibat pemanasan global
Sumber :
  • www.news.sky.com/Russian Geographical Society

VIVA – Rusia hingga saat ini merupakan negara terbesar di dunia. Tapi sepertinya wilayah mereka akan lebih luas lagi akibat dari pemanasan global. Kok bisa sih?

Kasus Dengue di Indonesia Meningkat Dua Kali Lipat efek El Nino, Menurut Kemenkes

Dilansir dari laman Mirror, Jumat 25 Oktober 2019, gletser atau bongkahan es besar yang mencair saat pemanasan global melahirkan lima pulau baru di kepulauan Franz Josef Land. 

Pulau ini pertama kali dilihat oleh Angkatan Laut pada 2016 dalam gambar satelit, tapi kemudian baru dikonfirmasi dan dipetakan. Pemimpin ekspedisi, Laksamana Madya Aleksander Moiseyev mengatakan, penemuan pulau berkaitan dengan pencairan es. 

Tanda Kiamat Mulai Muncul dari Bawah Tanah

"Sebelumnya itu adalah gletser, tapi kemudian mencair dan kemudian menjadi pulau. Sekarang temuan akan dicatat. Masing-masing pulau akan memiliki namanya sendiri, tapi harus dibuktikan dahulu," ungkapnya. 

Beraneka ragam ukuran dari pulau ini, mulai dari 900 meter persegi hingga 54.500 meter persegi, dan terletak di Samudra Arktik di lepas pantai barat laut daratan Rusia. 

Mengerikan, Lapisan Es Saat Ini Mencair Lebih Cepat dari yang Diduga

Untuk memverifikasi foto satelit, mereka mengadakan ekspedisi pada pertengahan Agustus. Tim tersebut terdiri dari 60 orang dan bertugas mengunjungi pulau-pulau tersebut. 

"Para peserta melakukan studi ilmiah dan lingkungan, mempelajari objek infrastruktur militer pada periode Soviet dan jejak ekspedisi berabad-abad yang lalu," jelas laporan TASS. 

Mereka juga melakukan sejumlah percobaan unik di Kutub Utara, seperti mengirim surat dalam botol dan membuat gudang penyimpanan produk jangka panjang, dan harus dibuka setelah 50 tahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya