Logo WARTAEKONOMI

Guys! Jangan Main Ponsel Lama-Lama, Bahaya Mengintai

Jangan Main HP Lama-Lama! Nanti Buta!. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)
Jangan Main HP Lama-Lama! Nanti Buta!. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)
Sumber :
  • wartaekonomi

Berhati-hatilah menggunakan ponsel, sebab laporan terbaru menyebutkan, melihat layar ponsel cerdas atau smartphone terlalu lama dapat membuat mata Anda buta untuk sementara.

Seorang pria di barat laut China mengalami hal itu setelah bermain game seluler dalam suasana gelap.

Menurut Dokter Lei Tao, pria bermarga Wang itu menderita stroke mata akibat penyempitan pembuluh darah di retina dan hal itu dapat menyebabkan kebutaan permanen jika tak diobati dengan cepat.

Dalam sebulan, ada sekitar 20 pasien dengan gejala serupa. “Penyumbatan arteri di retina secara mendadak itu bersifat serius dan berisiko berakibat penyakit mata ke arah kebutaan,” katanya, dikutip dari Fox Business, Jumat (25/10/2019).

Tingkat kejadian seperti itu pun semakin meningkat setiap tahun dan korban cenderung berusia muda. Penggunaan telepon pada anak muda berisiko terhadap pandangan mereka. “Itu bisa memicu stroke pada mata,” tambahnya.

Namun, bukan rahasia lagi kalau melebarnya layar ponsel berisiko terhadap masalah mata. Pada 2017, wanita berusia 21 tahun dari Dongguan kehilangan penglihatan sebelah matanya karena terlalu lama memainkan gim seluler.

Meskipun perangkat pintar dapat berdampak buruk pada mata jika digunakan secara berlebihan, mereka juga bisa digunakan untuk mendeteksi masalah mata.