Mau Bikin Casing Smartphone Buatan Sendiri, Platform 3D Ini Bisa Bantu

Ilustrasi casing smartphone.
Sumber :
  • posterburner.com

VIVA – Perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang manufaktur B2B (business to business), Imajin, memutuskan untuk mengembangkan platform online Imajin.id pada awal tahun ini.

Mobil Konsep Ini Bikin Penumpang Berasa di Kamar Hotel

Platform tersebut mengusung konsep marketplace yang mempertemukan beberapa kebutuhan di bidang 3D. Imajin akan menjadi portal bagi para Desainer 3D menunjukkan hasil karya mereka untuk dibagikan atau dijual.

Jika desain tersebut dilanjutkan ke tahap produksi, pihak Imajin memberikan kemudahan karena memiliki mitra 3D Printing. Co-founder dan CEO Imajin, Chendy Jaya, mengaku memiliki visi mengembangkan dunia manufaktur ke sektor B2C (business to customer) dengan memperkenalkan teknologi 3D printing.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

"Imajin menciptakan sebuah ekosistem untuk membantu semua para kreator (makers) agar dapat bagiannya terekspos dan juga menjadi merek atau brand yang bisa membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata dia, Minggu, 27 Oktober 2019.

Bakal Jadi Kilang Minyak Terbesar RI, Pertamina Genjot Pembangunan RDMP Balikpapan

Chendy menjelaskan bahwa marketplace Imajin diciptakan untuk bisa membantu siapapun memproduksi barang yang mereka impikan. Ia mencontohkan, apabila ada yang memiliki keinginan menciptakan casing smartphone yang berbeda dengan yang lain, Imajin bisa membantu. Mulai dari desain hingga produksi besar.

Keahlian Imajin diharapkan bisa dinikmati pelanggan yang lebih luas. Untuk itulah digelar festival Imajin 3Days yang berlangsung pada 25-27 Oktober 2019 di Tangerang, Banten untuk mendorong para kreator lokal (local makers) untuk terus membuat karya kreatif dengan printer 3D.

"Imajin 3Days merupakan suatu festival yang menggaet semua para makers yang ada di Indonesia, mulai dari 3D inter maker, pembuat mainan, dan berbagai macam kegiatan robotik yang menggunakan 3D printing," jelasnya.

Chendy pun mengajak para local makers yang membuat suatu benda berimajinasi, namun belum mempunyai desain bisa datang ke Imajin.id, untuk mendapat bantuan mendesain sampai ke produksi. "Bahkan, kalau sampai terjual, kami dapat bantu produksi pembuatannya secara konsisten," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya