Logo BBC

Influencer dan Buzzer untuk Gerakan Sosial dan Politik Gen Z

Tuntutan kepada Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Perppu terkait Undang-undang KPK merupakan salah satu bentuk aspirasi mahasiswa, yang kebanyakan merupakan Generasi Z. - Antarafoto
Tuntutan kepada Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Perppu terkait Undang-undang KPK merupakan salah satu bentuk aspirasi mahasiswa, yang kebanyakan merupakan Generasi Z. - Antarafoto
Sumber :
  • bbc

Mengenakan jilbab hitam, Nita Novianti Anugerah berdiri di bawah terik matahari bersama puluhan aktivis dan akademisi dalam acara Kamisan yang digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, pekan lalu. Acara tersebut diadakan secara rutin - sekarang sudah yang ke-607 - oleh keluarga korban pelanggaran HAM di Indonesia untuk menuntut keadilan.

Nita, 22 tahun, mengatakan dirinya mengikuti Kamisan karena merasakan simpati pada keluarga korban. Mahasiswa jurusan sosiologi Universitas Negeri Jakarta itu menganggap pemerintahan Jokowi telah gagal menepati janji untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat.

"Jadi mau nggak mau, saya, yang muda, yang mungkin umurnya bisa lebih panjang dari mereka, meneruskan apa yang mereka suarakan," katanya kepada BBC News Indonesia.

Pemuda lainnya, Nirwan Sambudi, 21 tahun, mengatakan telah ikut Kamisan sejak 2017, mengetahui informasinya dari media sosial.

Nirwan memprotes penunjukan Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan karena mantan jenderal TNI itu diduga terlibat dalam penculikan aktivis di masa Orde Baru.

" Track record -nya bisa lihat lah, sekarang informasi sudah terbuka, Prabowo Subianto adalah orang yang terlibat dalam pelanggaran-pelanggaran HAM di masa lalu," kata Nirwan, mengulang tuduhan yang telah berkali-kali dibantah oleh pihak Prabowo.

Nita dan Nirwan adalah bagian dari demografi yang disebut Generasi Z. Di tengah gejolak Indonesia pasca-pemilihan presiden 2019, aspirasi sosial dan politik dari generasi setelah Milenial ini mulai muncul ke permukaan.

Siapakah Generasi Z?

Generasi Z adalah sebutan bagi kelompok masyarakat yang tumbuh dewasa dalam dekade kedua Abad ke-21.