App Store Kacau, 20 Juta Ulasan 300 Aplikasi Tiba-tiba Menghilang

Aplikasi korban bug di App Store
Sumber :
  • Twitter/@appfigures

VIVA – App Store sedang eror guys. Sebuah kejadian tak terduga bug di pusat aplikasi Apple itu menghapus lebih dari 20 juta rating dari ratusan aplikasi lho. Korbannya beberapa aplikasi terpopuler termasuk Google, Microsoft, Starbucks dan Nike.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Penyebab terhapusnya rating ini karena adanya bug. Masalah tersebut terjadi hingga sepakan dimulai dari 23 Oktober dan sampai 29 Oktober 2019. Dan sampai tanggal tersebut Apple belum bisa menyelesaikan masalahnya.

Platform analisis App Store, Appfigures, mengungkapkan bug yang membuat kacau App Store tersebut, seperti dilansir laman Tech Crunch, Kamis 31 Oktober 2019.  

Heboh Warga Jakarta Antre untuk Nyoblos Sebelum 14 Februari

Appfigure menemukan lebih dari 300 aplikasi yang berasal dari lebih 200 pengembang terdampak dengan bug tersebut. Celah keamanan itu menghapus 22 juta ulasan aplikasi pada App Store. 

Secara rata-rata, Appfigure menemukan penurunan rating sejumlah aplikasi yang jadi korban, hingga 50 persen di sejumlah negara termasuk di Amerika Serikat. Di negara tersebut, sekitar 10 juta peringkat aplikasi menghilang. 

Elon Musk dapat Restu dari Apple

Salah satu aplikasi yang berdampak adalah aplikasi streaming TV dan film, Hulu. Platform itu harus kehilangan 95 persen rating aplikasi mereka di Amerika Serikat. 

Selain Amerika, ada 155 negara yang terdampak atas kejadian tersebut. Beberapa di antaranya adalah China, Inggris, Korea Selatan, Rusia dan Australia.

Aplikasi yang berdampak menolak berkomentar panjang, namun mereka terkejut atas kejadian tersebut. Beberapa perusahaan mengatakan peringkat yang hilang telah kembali normal. 

Kejadian ini bukanlah yang pertama melanda App Store. Tahun lalu, terdapat bug yang menghilangkan setengah dari rating dan kejadian berlangsung lebih dari satu pekan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya