Logo WARTAEKONOMI

Berantas Monopoli Tol Laut, Kemenhub Minta Tolong Gojek

Digitalisasi Pelayanan Tol Laut, Kemenhub Gandeng Go-Jek. (FOTO: Aji Styawan)
Digitalisasi Pelayanan Tol Laut, Kemenhub Gandeng Go-Jek. (FOTO: Aji Styawan)
Sumber :
  • wartaekonomi

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan meningkatkan layanan tol laut. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Wisnu Handoko mengatakan akan menggandeng Go-Jek untuk memberikan digitalisasi pelayanan tol laut.

Dia menjelaskan kerja sama dengan Go-Jek untuk mempermudah proses pemesanan kontainer secara transparan dalam pelaksanaan tol laut. “Ini dapat membagi muatan secara adil kepada shipper yang ada di daerah terpencil, tertinggal, terluar, dan perbatasan,” kata Wisnu, Minggu (3/11/2019).

Wisnu mengharapkan platform digital tersebut diharapkan memberikan peluang yang lebih mudah. Sebab, kata dia, masyarakat Indonesia saat ini juga sudah mulai terbiasa  menggunakan aplikasi seperti Go-Jek untuk berbagai pemesanan transportasi.

Wisnu menegaskan Kemenhub bersama dengan seluruh stakeholder dan shipper consignee melaksanakan evaluasi kuota muatan. “Ini juga termasuk dengan pengawasan disparitas harga barang,” ujar Wisnu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung mengenai praktik monopoli program tol laut. Jokowi mengharapkan untuk selanjutnya dapat menemukan solusi untuk dalam transparansi penggunaan tol laut.

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub) mengakui adanya monopoli operasional tol laut. Budi mengatakan pemerintah mensinyalir terjadi penguasaan barang secara berlebihan dalam operasional tol laut di Maluku.

Kan ini menjadi hukum pasar kalau ada potensi ekonomi maka suatu pihak akan menguasai, kami akan tata kembali,” kata Budi di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (31/10/2019).