RUU Data Pribadi Siap Masuk Parlemen, Jokowi Ingatkan Kedaulatan Data

Ilustrasi sidik jari atau data pribadi.
Sumber :
  • Instagram/@esoxsstudio

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate menyampaikan pesan presiden soal pentingnya kedaulatan data pribadi. Karena itu, pemerintah akan segera menyerahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi ke parlemen untuk dibahas bersama.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

"Bapak presiden juga mengingatkan terkait dengan kedaulatan data. Saat ini data-data termasuk di situ data pribadi, ya warga negara itu tersebar begitu banyak aturan dan undang-undang. Sangat sektoral dan parsial," kata Johnny di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa 5 November 2019.

Ia menjelaskan pemerintah ingin mengompilasi aturan kedaulatan data dalam undang-undang perlindungan data pribadi. Ia berharap nantinya RUU tersebut bisa masuk ke dalam Prolegnas 2020 dan Prolegnas 2020-2024. 

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

"Pagi tadi saya bertemu dengan delegasi Uni Eropa. Setelah Uni Eropa mempunyai undang-undang ya yang berhubungan dengan data pribadi, kita pun tentu dituntut untuk bisa menghasilkan undang-undang itu ya," kata Johnny.

Ia menjelaskan peraturan-peraturan pemerintah akan dikompilasi dan disusun setelah melalui harmonisasi menyeluruh terhadap undang-undang. Lalu aturan tersebut akan menerima masukan Komisi I.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Dalam kaitan itu tentu di dalamnya banyak hal yang harus kita lakukan. Tadi ada banyak pertanyaan yang disampaikan anggota komisi I DPR RI, concern-concern, pendapat, pandangan, saran terkait dengan substansi RUU PDP, termasuk di dalamnya," kata Johnny.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh Nasdem

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Ketum Nasdem, Surya Paloh menjelaskan bergabung ke dalam pemerintahan selanjutnya yang akan dipimpin Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pilihan yang baik

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024