Studi Microsoft: 4 Hari Kerja Bikin Produktivitas Naik 40 Persen

Ilustrasi pekerja kantoran
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tahu enggak guys, mengurangi hari kerja dalam sepekan ternyata meningkatkan performa lho

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Eksperimen yang dilakukan Microsoft menunjukkan mengurangi hari kerja dari 5 hari menjadi 4 hari per pekan ternyata meningkatkan produktivitas sampai 40 persen lho!

Dikutip dari laman Business Insider, Selasa 5 November 2019, jadi yang bereksperimen ini adalah Microsoft Jepang. Eksperimen ini merupakan bagian dari proyek Work Life Choise Challenge 2019 Summer.efisien,

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Pada Agustus lalu, Microsoft Jepang mengurangi hari kerja. Tiap Jumat, kantor tutup dan karyawan libur. Ternyata setelah dibandingkan dengan kinerja karyawan pada Agustus 2018, jauh banget bedanya. Produktivitas kerja karyawan Microsoft Jepang dengan 4 hari kerja sepekan malah meningkat. 

Worl Life Choise Challenge 2019 Summer menguji keseimbangan kerja dan bertujuan meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan, dengan memberikan lebih banyak fleksibilitas jam kerja. 

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul

Dalam eksperimen tersebut, Microsoft Jepang mengurangi waktu yang dipakai untuk meeting. Kalau pun ada meeting, waktu maksimal cuma 30 menit saja dan meeting-nya pun dan mendorong komunikasi jarak jauh.

Selain manfaat produktivitas, dalam eksperimen Microsoft tersebut, ternyata kerja 4 hari sepekan efisien, mengirit listrik dan sumber daya kantor lainnya. Salah satu buktinya, jumlah halaman kertas yang dicetak pada eksperimen itu berkurang sampai 58,7 persen, konsumsi listrik turun sampai 23,1 persen dibanding periode Agustus tahun lalu. 

Nah, ternyata bukan cuma Microsoft doang lho yang merasakan manfaat kerja 4 hari sepekan. 

Firma real estate Selandia Baru, Perpetual Garden membuktikan manfaat hari kerja yang simpel tersebut. Pendiri Perpertual Garden, Andrew Barnes mengungkapkan dia telah menerapkan 4 hari kerja sepekan dan hasilnya bagus untuk produktivitas kerja. Makanya Barnes mempermanenkan 4 hari kerja sepekan. 

Studi lain yang dilakukan Workforce Institute di Kronos dan Future Workplace menemukan mayoritas pekerja di dunia mengatakan idealnya cuma 4 hari kerja dalam sepekan. 

Kalau menurutmu bagaimana guys, setuju nggak sih?  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya