Dianggap Mengerikan, Facebook Diam-diam Aktifkan Kamera Lho

Logo Facebook
Sumber :
  • Instagram/@sykorce

VIVA – Sejumlah pengguna Facebook baru-baru ini melihat adanya bug atau celah keamanan dalam aplikasi Facebook versi iOS. Bug tersebut berupa kamera belakang ponsel, yang terbuka ketika pengguna tengah melihat video di dalam platform media sosial tersebut.

Menerapkan Perlindungan Data Pribadi Bukan Tugas yang Mudah

Celah keamanan ini dianggap mengerikan sebab berpotensi mengganggu privasi pengguna media sosial terpopuler sejagat tersebut.

Dilansir dari situs Gizmodo, Rabu 13 November 2019, tidak jelas apakah kamera itu sedang merekam atau tidak. Pertama kali yang menyadarinya adalah akun Twitter dengan nama @neo_qa pada 2 November 2019.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Akun tersebut mengunggah video yang menunjukkan Facebook membuka kamera secara tiba-tiba, saat layar ponsel berubah mode menjadi lanskap dari potret. 

Kesalahan ini sangat terlihat jelas seperti bug. Karena wajarnya jika kamu sedang menonton video di Facebook, tidak mungkin juga kamu akan membuka kamera perangkat. Awal pekan ini lebih banyak lagi pengguna yang melaporkan bug ini.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Pengguna lain memperlihatkan bagaimana media sosial buatan Mark Zuckerberg itu membuka kamera dan berjalan di latar belakang. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bug itu hanya terjadi di versi iOS saja.

Bug ini tampaknya jadi yang paling mengerikan, yang mana dulu banyak orang berpikir Facebook menggunakan mikrofon untuk menguping pembicaraan penggunanya dan kemudian menjadi target iklan.

"Kami baru-baru ini menemukan versi 224 aplikasi Facebook iOS akan berjalan salah saat berada pada mode lanskap. Minggu lalu kami sudah memperbaruinya menjadi versi 246," kata juru bicara Facebook.

Dalam penjelasannya, Facebook berdalih tidak sengaja mengaktifkan kamera karena posisi untuk membuka kamera berdekatan dengan News Feed. Facebook juga tidak menemukan adanya foto atau video yang diunggah karena bug tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya