Main TikTok Sekarang Bisa Sambil Jualan Lho, Begini Caranya

Aplikasi TikTok, salah satu anak usaha Bytedance Technology.
Sumber :
  • Yicai Global

VIVA – TikTok mulai melakukan sejumlah cara eksperimen terhadap pengguna yang jumlahnya lebih dari satu miliar. Termasuk untuk pengguna bisa melakukan monetisasi. 

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Caranya dengan fitur bisa menautkan link dalam bio akun ataupun postingan di TikTok. Fitur yang  hampir sama bisa ditemukan di Instagram dengan kalimat terkenal 'link in bio' nya. 

Baru-baru ini kabarnya platform tersebut telah mulai melakukan pengujian terbatas untuk fitur itu, seperti dilansir laman The Verge, Minggu, 17 November 2019. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Dengan menautkan link, para penonton konten di TikTok bisa masuk melihat produk ataupun mendapatkan sebuah layanan. Dalam postingan yang diunggah salah satu pengguna TikTok bernama Fabian Bern, audiens bisa membeli produk pada video yang ditontonnya. 

Dia menuliskan jikan TikTok telah meluncurkan 'link in bio' dan tautan ecommerce pada postingan Tiktok. Dalam video yang diunggahnya dia bisa mengakses Amazon langsung dari konten video yang ditontonnya. 

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Fitur itu membuat proses influencer mendapatkan pendapatan lebih mulus lagi. Sebelum adanya fitur ini, TikTok membuat penggunanya menghasilkan uang dengan melakukan penawaran merek di luar platformnya.

Di Instagram sendiri menautkan link atau yang dikenal sebagai 'link in bio' sendiri sudah dilakukan dalam beberapa waktu terakhir. Pengguna bisa membeli produk yang ditampilkan dalam postingan atau stories seorang influencer secara langsung. 

Kabarnya uji coba fitur ini dilakukan di Amerika Serikat, menandakan juga ambisi TikTok masuk ke dalam permainan monetisasi pengguna tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya