Google Luncurkan Sejumlah Fitur Baru Search

Logo Google.
Sumber :
  • Instagram/@joannade_

VIVA – Google Search meluncurkan beberapa fitur terbarunya. Product Manager Google Search, Bibo Xu mengatakan misi pada Search adalah membantu pengguna untuk menemukan informasi yang relevan saat dibutuhkan.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

"Produk yang dimiliki pada Search berfokus pada pengguna baru online," kata Xu, ditemui di Kantor Google Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Pertama adalah fitur Translate pada Google Go. Dengan bantu terjemahan ini bisa membuat pengguna mendengarkan hasilnya.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Pengguna bisa mendengarkan konten dengan menekan tombol putar suara. Menurut Xu, pengguna akan kesulitan jika membaca dalam perjalanannya.

"Membaca menjadi tidak nyaman bagi beberapa pengguna. Itu juga tantangan utama. Jadi sekarang bisa mendengarkannya," kata dia.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Ada pula fitur Key Moments, yang memungkinkan informasi video bisa didapatkan oleh pengguna. Creator video hanya tinggal menambahkan penunjuk waktu dalam deskripsi.

Xu mengatakan, konten teks dan visual sangat berbeda. Pada teks, pengguna bisa menemukan informasi secara langsung, namun sulit dalam video.

Kemudian ada fitur Lens yang dihadirkan pada Google Image Search, yang membuat pengguna bisa melihat di mana sebuah barang bisa dibeli.

"Fitur pencarian gambar ini pada dasarnya mengizinkan Google Lens untuk melihat secara tepat berbagai hal berbeda dari produk, yang ada di gambar pada item mirip lainnya," ungkap Xu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya