Google Punya Layanan Baru, Bikin Shopping Makin Mudah

Ilustrasi belanja.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Acara Google for Indonesia kembali digelar untuk keempat kalinya. Acara ini dibuka oleh Director Google Indonesia, Randy Yusuf.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Dalam sambutannya, Randy mengatakan mereka ingin membantu masyarakat untuk bisa berpartisipasi dan ikut maju menggunakan teknologi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Google akan fokus pada empat inisiatif.

"Pertama, dengan membantu perluasan akses internet. Kedua, memberikan keterampilan dan kesempatan untuk UKM dan generasi muda. Ketiga, menciptakan produk yang relevan untuk warga Indonesia, dan keempat dengan komitmen atas inovasi yang bertanggung jawab,” ujarnya di Jakarta, Rabu 20 November 2019.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Berikut empat layanan serta fitur yang diumumkan pada gelaran Google for Indonesia 2019:

Bangkit

5 Trik Biar Uang THR Gak Habis Buat Keperluan Lebaran

Bangkit merupakan program pelatihan selektif selama enam bulan. Program ini untuk membantu membangun sumber daya manusia pada pengembang konten.

Bangkit digelar secara gratis, dan akan dimulai pada Januari 2020. Pendaftaran dibuka melalui g.co/bangkit.

Google Shopping

Google Shopping menghadirkan personalisasi halaman belanja. Jadi, pengguna bisa melihat rekomendasi produk yang relevan dan bagian yang akan membantu untuk memesan ulang produk. Semua itu berdasarkan history belanja dari pengguna sendiri.

Saat ini, sebuah toko bisa mencantumkan produk serta penawaran harga di Google Shopping secara gratis. Mereka hanya tinggal mendaftar di Google Shopping Merchant Center.

Akses Internet

Google juga mengumumkan kerja sama dengan Telkom, mengenai Google Station. Kolaborasi ini akan membangun jaringan titik Wi-fi yang cepat, gratis dan aman untuk masyarakat Indonesia.

Google Assistant

Google Assistant mengintegrasikan aplikasi dan layanan yang sering digunakan penggunanya. Misalnya Gojek, jadi pengguna bisa memesan makanan dan mengecek status pesanan dengan asisten virtual tersebut.

Selain itu, melalui Google Assistant pengguna bisa menggunakan layanan akses telepon yang digunakan bersama Indosat Ooredoo.

Privasi sekarang bisa diatur melalui suara perintah kepada asisten. Cukup katakan dengan 'Ok Google, lupakan apa yang baru saja aku bilang ke kamu', atau 'Ok Google, aku mau kamu hapus percakapan minggu lalu'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya