Digital Payment di Indonesia, Mulai dari NFC sampai Barcode Scan

Samsung Pay
Sumber :
  • Instagram/@samsungpay

VIVA – Tak dipungkiri jika Indonesia mau tak mau harus menerima transformasi pembayaran ke arah digital atau elektronik. Makin luasnya ecommerce yang perkembangan digital payment mau tak mau memaksa semua ikut bertransformasi, termasuk perangkat yang digunakan.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Berdasarkan data Bank Indonesia, hingga semester I tahun 2019, pasar uang elektronik di Indonesia cukup banyak, dengan jumlah 198 juta kartu dan akun digital payment. Dari angka sebesar itu, 69 persen merupakan penyelenggara uang elektronik berbasis server, 15,4 persen berupa kartu, dan sisanya berbasis chip.

BI menyebut jika nilai transaksi pembayaran digital atau uang elektronik mencapai Rp47,19 triliun sepanjang 2018. Angka itu meningkat empat kali lipat dibandingkan nilai transaksi tahun sebelumnya Rp12,37 triliun.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Bayangkan, setidaknya ada lebih dari 5 penyedia layanan pembayaran digital yang terkenal di Indonesia, seperti Gojek dengan Gopay, OVO, Dana, LinkAja, Finpay. Namun data BI menyebut setidaknya total ada 38 penyedia dompet digital yang terdaftar secara resmi.

Semua data ini tidak akan mengalami perkembangan berarti jika ekosistemnya tidak terbentuk. Smartphone misalnya, saat ini sudah banyak yang mengadopsi fitur NFC dan barcode scanner. Ini dimaksud untuk mempermudah para pengguna digital payment untuk bertransaksi. 

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Salah satu vendor yang sangat jelas masuk ke ranah ini adalah Samsung. Dalam setiap lini produknya, mulai dari seri A yang harganya terjangkau, sudah dilengkapi dengan NFC. Misalnya Samsung A30s dan A50s.

Tak hanya itu, mereka juga menyediakan sistem pembayaran digital sendiri bernama Samsung Pay. Teknologi ini juga hadir di smartphone lama mereka, yakni seri A30 dan A50. Yang unik, Samsung Pay tidak membutuhkan NFC melainkan pakai QR Code.

Untuk menggunakannya, pengguna tinggal swipe saat ponsel dalam keadaan terkunci. Selain itu bisa masuk ke home screen dan mengklik aplikasi Samsung Pay. Buka kamera, kalau ada QR Code tinggal scan sudah ke-detect.

Belakangan, Samsung Pay resmi menggandeng Gopay dan Dana sebagai penghubung alat pembayaran. Artinya, pengguna Samsung Pay bisa membayar dengan menggunakan saldo Gopay atau Dana yang telah mereka miliki.

Samsung Pay bisa didownload mandiri di Google Playstore, oleh pengguna Samsung Galaxy yang berbasis Android Pie 9.0 dan di atasnya. Beberapa ponsel keluaran Samsung yang sudah menyertakan Samsung Pay di dalamnya adalah Galaxy A30s, A50s sampai Note 10 Plus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya