Rusia Ancam Blokir iPhone

iPhone.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Rusia mengancam akan memblokir iPhone dan perangkat elektronik lainnya apabila tidak memuat perangkat lunak atau software lokal.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Ancaman ini tertuang ke dalam undang-undang yang baru disahkan pada Kamis, 21 November pekan lalu, oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rusia.

Dilansir dari situs Metro, Selasa, 26 November 2019, Rusia mewajibkan bagi seluruh perangkat elekronik yang dijual di negaranya harus memuat software lokal.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Menurut anggota DPR Oleg Nikolayev, ketika perangkat elektronik dijual di Rusia, maka sebagian besar aplikasi yang terinstal adalah platform buatan negara Barat.

"Secara alami ketika seseorang melihat perangkat tersebut mereka mungkin akan berpikir bahwa tidak ada alternatif untuk aplikasi lokal di sana," ungkap dia.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Atas masalah tersebut, mereka memberi pilihan dengan menawarkan perangkat yang sudah diisi dengan software buatan Rusia. Dengan begitu masyarakat bisa bebas untuk memilih. Akan tetapi tidak semuanya setuju.

Russia's Association of Trading Companies and Manufacturers of Electrical Household and Computer Equipment, mengatakan tidak mungkin menginstal software tertentu sebelum memasuki pasar Rusia.

Mereka berpandangan bahwa regulasi tersebut bisa menyebabkan perusahaan seperti Apple, produsen iPhone, hengkang dari Rusia. Undang-undang ini muncul saat Rusia sedang meningkatkan kontrol dan pembatasan internet di seluruh negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya